Cirebon (ANTARA News) - Pemerintah menjamin keamanan distribusi bahan pokok menjelang Pemilu dengan mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang mungkin terjadi.

"Dalam menghadapi Pemilu yang penting koordinasi seperti menghadapi hari raya besar, kuncinya supaya tidak terjadi gangguan distribusi," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu usai penjualan Minyakita di Kecamatan Kejaksan, Cirebon, Minggu.

Mendag menjelaskan, Menteri Perekonomian akan menggelar rapat koordinasi dengan mengundang pemerintah daerah, Organda, Departemen Perhubungan dan aparat keamanan seperti yang dilakukan untuk pengamanan distribusi bahan pokok setiap hari raya.

"Rapat koordinasi itu untuk menjamin agar selama Pemilu tidak ada gangguan distribusi," ujarnya.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Depdag, Subagyo menjelaskan pihaknya telah mengirimkan surat kepada pemda dan produsen untuk menambah produksi dan stok di gudang-gudang daerah.

"Kita sudah jauh-jauh hari mengirim surat ke dinas dan produsen diminta meningkatkan produksi dan stoknya di gudang sedangkan dinas diminta menyiapkan sarana distribusinya," ujar Subagyo.

Ia menegaskan, pemerintah berupaya menjaga kestabilan harga bahan pokok dengan menjamin kelancaran distribusi barang dan kecukupan stok serta menahan fluktuasi harga yang tajam. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009