Nice, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pembalap Spanyol Luis Leon Sanchez mengalahkan rekan senegaranya, Alberto Contador, untuk menjuarai balap sepeda Paris-Nice ke-67 setelah tahap kedelapan dan terakhir di Nice, Minggu.

Sanchez, yang membalap untuk tim Caisse d`Epargne, finis dibalapan tersebut satu menit di depan Frank Schleck dari Luxemburg di klasemen umum, dengan pembalap Prancis, Sylvain Chanaval, terpaut lebih lanjut sembilan detik di posisi ketiga.

Balapan terakhir sepanjang 119Km itu dimenangi oleh pembalap Spanyol dari tim Katusha, Antonio Colom, dengan Contador berada di urutan kedua dengan waktu yang sama, satu detik di muka Schleck.

Pembalap Astana, Contador, tampaknya berada di posisi terdepan setelah tahap keenam balapan ini.

Tetapi, pemenang Tour of Italy dan Tour of Spain tahun lalu itu kehilangan hampir tiga menit selama tahap ketujuh hari Sabtu, setelah kegagalannya untuk makan dan minum selayaknya membuatnya kehilangan tenaga.

Dalam usaha untuk mengejar waktu yang hilang itu, Contador menyerang di 41Km dan unggul sampai menurun dari lajur d`Eze, kurang dari 10km dari garis finis di Nice pusat.

Pembalap Spanyol itu melepaskan diri dari duo berbahaya, Sandy Casar dan David Lopez di tanjakan lajur itu, tetapi dikejar kembali oleh koordinasi yang baik dari tim Caisse d`Epargne (Sanchez) dan Saxo Bank (Schleck).

Schleck mengungguli Chavanel di klasemen umum setelah ia finis 16 detik di depan pembalap Prancis itu, yang mengalami masalah teknis setelah menurun lajur d`Eze.

Kemenangan bagi Sanchez itu merupakan tonggak sejarah karir paling penting bagi pembalap berusia 25 tahun itu sehubungan dengan suatu kemenangan tahapan di Aurillac di Tour de France terakhir dan posisi ketiga dan kelima sebelumnya di balapan Paris-Nice tahun 2007 dan 2008. Ia juga menang di Tour Down Under 2005.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009