TOKYO, 17 Maret (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- NTT Communications Corporation (NTT Com) mengumumkan pada 16 Maret bahwa 1 April mendatang akan meluncurkan suatu layanan penyelenggaraan global yang menciptakan lingkungan PC kantor bisa diakses dengan aman dari mana saja menggunakan kunci USB.

     Layanan, yang diberi nama Virtual Office Hosting, akan diberikan lisensi NTT Com, model BizCITY (R) untuk jasa perusahaan-perusahaan yang para konsumennya mampu mengakses dengan aman dari mana saja dan kapan saja.

     Layanan baru tersebut membuat para karyawan dapat secara aman meniru lingkungan komputer desktop kantor pada saat di rumah, di kantor dalam maupun luar negeri, atau komputer PC yang disediakan di pusat bisnis yang ada di hotel. Pengguna tinggal memasukkan kunci USB personal yang diberi nama "MagicConnect" ke dalam PC remote guna mengakses e-mail kantor dan menjalankan berbagai aplikasi kantor maupun groupware pada sebuah PC maya (virtual) dengan menggunakan teknologi virtualisasi VMware Infrastructure 3 di pusat data NTT Com yang ada di Hong KOng. Semua informasi akan diamankan sebab tidak ada data yang disimpan di PC remote.

     Virtual Office Hosting pada awalnya baru bisa diakses di China daratan, Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Nantinya akan diperluas ke kawasan lainnya. Dukungan diberikan di Jepang pada hari kerja antara pukul 9 pagi hingga 6 sore, dan di Inggris dan China atas dasar 24/7.

     Opsi layanan sudah termasuk seperti Microsoft (R) Office, pesan elektronik (mail, scheduler dan groupware), perangkat lunak anti virus, data cadangan dan manajemen PC maya. Harga layanan belum termasuk pajak sebagai berikut:

                                          Jenis
                   Microsoft       Messaging-      Antivirus  Data    Virtual PC
      Basic(1) Office 2007    (per account)    software  backup  Management
                Standard     Hosted  TeamWorks    (per  (per 200  (4)(per PC)
              (per account) Exchange    (3)    account)    GB)         
                              (2)
Biaya 
pendaftaran JPY 987,000  JPY 2,200  JPY 2,700  JPY 2,000  JPY 600  JPY 30,000  JPY 200

Biaya
bulanan     JPY 987,000  JPY 2,200  JPY 2,700  JPY 2,000  JPY 600  JPY 30,000  JPY 200
               
(1)Assumes 120 IDs. Termasuk biaya penggunaan MagicConnect
(2)Minimum 500 accounts
(3)Minimum 40  accounts
(4)Minimum 100 PC virtual

     Virtual Office Hosting diharapkan dapat membantu memenuhi tingginya kebutuhan para karyawan perusahaan agar bisa mengakses dengan aman PC kantor meskipun sedang berada jauh dari kantor, termasuk jika sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Layanan itu juga akan membantu perusahaan mengurangi total biaya kepemilikan dari sumber ICT mereka, dan untuk mengamankan lingkungan-lingkungan yang bisa menjamin keberlangsungan bisnis global bahkan pada saat darurat sekalipun.

     "VMware komit memberikan tataran virtualisasi yang paling komprehensif, menawarkan para pelanggan sebuah sistem pengoperasian (VDC-OS) pusat data dengan fleksibilitas tinggi dan terukur. Solusi VMware dapat disebarkan secara cepat lewat penyedia layanan seperti NTT Communication yang dikenal sebagai pelopor layanan-layanan inovatif. Kesuksesan NTT Communications mengembangkan berbagai layanan terbarunya menunjukkan peran penting VMware VDC-OS dalam mentransformasikan pusat data menjadi sebuah lingkungan maya sebagaimana kebutuhan para pelanggan terhadap fleksibiltas, kecepatan dan kekuatan dalam sistem IT mereka. Kemampuan VMware-based untuk menyatukan dengan lingkungan maya lainnya berpotensi meningkatkan fleksibilitas dan ukuran dari solusi ini dan membantu penyedia layanan menunjukkan kinerja maksimal dan menghemat biaya para pelanggan," kata William Shelton, direktur, produk-produk dan slolusi baru, VMware, Inc.

     Hiroyuki Tsutsumi, direktur pelaksana Cisco Systems G.K., pemasok utama perlengkapan jaringan NTT Com, mengatakan: "Produk NTT Com global sangat relevan dengan perubahan yang sangat cepat dari bisnis global saat ini karena mampu mendukung diversifikasi lingkungan kerja. Dalam kerangka kerja sama dengan VMware, Cisco System mengembangkan berbagai aplikasi virtualisasi dan jaringan untuk layanan jaringan cloud-computing di mana saja dan kapan saja."

     Tentang NTT Communications Corporation
     NTT Com memberikan jasa suara, data dan IP bermutu tinggi kepada pelanggan di seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal karena jasa informasi dan komunikasi yang beragam, keahlian dalam jaringan terkelola, jasa hosting dan penjaringan IP, serta kepemimpinan dalam teknologi transit IPv6. Prasarana global menyeluruh perusahaan ini mencakup jaringan tersendiri Arcstar (TM) dan tulang punggung IP Tier 1 (terhubung dengan ISP terkemuka di seluruh dunia), yang keduanya menjangkau lebih dari 150 negara, dan juga pusat data yang aman di Asia, Amerika Utara dan Eropa. NTT Com anak perusahaan sepenuhnya Nippon Telegraph and Telephone Corporation, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar dunia yang sahamnya tercatat di bursa efek Tokyo, London dan New York.

     Silakan kunjungi www.ntt.com/index-e.html.

     Sumber: NTT Communications Corporation
   
     Kontak:
     Shihoko Kato atau Chiemi Watanabe
     NTT Communications Corporation
     Divisi Bisnis Global
     Tel: +81-3-6733-8150
     e-mail: marketing-gl@ntt.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009