Surabaya (ANTARA News) - KPU Provinsi Jatim menegaskan hingga saat ini tidak ada manipulasi data daftar pemilih tetap (DPT) di Jatim, sehingga data DPT di Jatim tidak ada masalah.

"DPT di Jatim tidak ada masalah sampai ditemukan fakta yang konkrit dan yang meyakinkan secara hukum yang menyatakan sebaliknya," ujar anggota KPU Provinsi Jatim, Andry Dewanto Ahmad di Surabaya, Kamis.

Sebelumnya DPP PDIP telah mengungkapkan adanya indikasi manipulasi puluhan ribu pemilih palsu di Trenggalek, Ngawi, Magetan dan Pacitan.

"Apabila ada orang yang tidak memenuhi syarat menurut undang-undang bisa dicoret sepanjang ada persetujuan dari peserta Pemilu dan Panwas setempat," katanya.

Andry mengatakan apabila ada persoalan di kabupaten/kota agar dilaporkan ke Panwas Kabupaten/Kota agar rekomendasinya bisa segera ditindaklanjuti oleh Panwas setempat.

"Hal yang memungkinkan diperbaiki disilahkan, sepanjang tidak mengubah rekapitulasi jumlah pemilih di kabupaten/kota, karena itu perlu kesepakatan antara penyelenggara, pengawas dan KPU kabupaten/kota terkait masalah DPT," katanya.

Menurut Andry, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat dari PDIP provinsi maupun kabupaten/kota terkait persoalan tersebut.

"Kalau ada surat masuk akan kami tindaklanjuti segera. Saya kira cukup bijaksana kalau teman-teman PDIP di Magetan dan sekitarnya agar merapat ke KPU setempat untuk melakukan koordinasi dan melihat DPT dari dekat," katanya.

Andry mengatakan kalau kemudian ada kesalahan maka masih ada waktu untuk melakukan perbaikan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009