Kolombo (ANTARA News/AFP) - Angkatan Laut Sri Lanka membunuh lima penyerang bunuh diri Macan Tamil ketika mereka berusaha untuk bercampur dengan pengungsi yang melarikan diri ke daerah yang dikuasai pemerintah di bagian utara negara itu, kementerian pertahanan mengatakan, Senin.

Sebuah kapal patroli angkatan laut telah mendeteksi sebuah kapal pemberontak di antara tiga kapal lainnya yang membawa 54 warga sipil Minggu, katanya dalam satu pernyataan.

"Angkatan laut yakin bahwa tujuan LTTE (Macan Pembebasan Tamil Eelam) di sini adalah untuk bercampur dengan tentara di darat secara diam-diam dan menimbulkan kehancuran besar pada mereka," kata pernyataan itu.

Pada Minggu, Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengevakuasi 493 pasien dan keluarga mereka melalui laut dari daerah Puttumattalan di Sri Lanka timurlaut ke daerah yang dikuasai pemerintah di utara.

Militer mengatakan bahwa sejak pertempuran meningkat pada Januari, hampir 50.000 orang telah melarikan diri dari zona pertempuran, termasuk lebih dari 1.000 orang Sabtu.

Tidak ada komentar segera dari LTTE.

Militer mengatakan Macan Tamil telah makin kecil dengan hanya kurang dari 500 petempur yang tersisa dan hampir kalah dalam perang bersenjata mereka yang telah berlangsung beberapa dasawarsa untuk memperoleh tanah air Tamil merdeka di negara pulau berpenduduk mayoritas Sinhala itu.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009