Los Angeles, (ANTARA News) - Juara Tour de France tujuh kali Lance Armstrong masih berharap dapat tampil pada lomba balap sepeda Giro d`Italia pada Mei mendatang meski cidera patah tulang selangkanya lebih serius dari dugaan sebelumnya.

Pembalap AS berusia 37 tahun yang kembali berlomba setelah sembuh dari penyakit kanker itu mengalami patah tulang selangka kanan akibat jatuh pada etape pertama lomba balap sepeda Vuelta Castilla y Leon, Spanyol, Senin lalu, demikian diwartakan Reuters.

Ia akan menjalani operasi di Austin, Texas, Rabu ini (Kamis WIB).

"Lomba Giro d`Italia sungguh merupakan idaman setiap orang, yang akan berlangsung lima pekan lagi," kata Armstrong dalam sebuah konferensi pers jarak jauh, Selasa (Rabu WIB).

"Menurut saya, berlomba di Giro d`Italia nanti masih sangat mungkin. Bahkan jika saya berlomba disana nanti sebagai persiapan untuk event lain, saya masih suka melakukannya," katanya.

Armstrong mengatakan, pemeriksaan medis di Austin Selasa menunjukkan adanya sejumlah bagian tulangnya yang patah, dan harus menjalani operasi.

Ia telah disarankan oleh dokter bedahnya untuk istirahat 72 jam setelah operasi hari Rabu, dan tiga atau empat hari sesudah itu ia mungkin sudah boleh melakukan latihan ditempat tertutup.

"Jika operasi berjalan lancar dan tulang yang patah dapat pulih kembali, menurut saya itu tidak akan menjadi masalah untuk program ke depan," katanya.

Dalam penampilan kembalinya setelah istirahat panjang, pembalap veteran itu telah menjadwalkan ikut lomba Giro d`Italia yang start di Venesia 9 Mei, sebelum beraksi di Tour de France bulan Juli.

Namun ia mengalami pukulan dalam karirnya selah mengalami kecelakaan pada etape pertama lomba di Spanyol Senin lalu.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009