Arenberg, Prancis (ANTARA News) - Perlombaan tahapan ketiga balap sepeda Tur Prancis Selasa waktu setempat membawa bencana pada dua pebalap yang sedang memimpin, juara tujuh kali Lance Armstrong tercecer sedangkan Frank Schleck terpaksa keluar dari perlombaan.

Armstrong, yang mengalami pecah ban, berada 2:08 di belakang juara tahapan Thor Hushovd dari Norwegia. Pebalap dari Amerika itu tercecer dari para pesaingnya, termasuk juara bertahan Alberto Contador dan mantan rekan setimnya dengan pautan 50 detik, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Pebalap dari Swiss Fabian Cancellara mempertahankan pemakaian kaos kuningnya.

"Mereka dapat kesempatan," kata Armstrong ketika ditanya tentang peluangnya dalam perlombaan itu.

"Kami mengalami kekalahan dengan waktu amat signifikan," kata pebalap Amerika itu, yang kini menempati urutan ke-18 overall, dengan jarak 2:30 atas Cancellara.

Frank Schleck, urutan kelima overall dalam dua tahun ini, terjatuh pada sektor keempat dari tujuh sektor pada tahapan itu, sehingga tulang baruhnya cedera.

Pebalap dari Tim Saxo Bank itu tidak dapat mengikuti perlombaan selanjutnya.

Rekan setim Cancellara, juara Paris-Roubaix di lintasan sama pada April lalu, mengambil inisiatip pada sektr pertama, 85 kilometer dari titik awal, sehingga akhirnya berjaya mengambil kembali kaos kuningnya dari Frances Sylvain Chavanel.

"Saya mengalami pemikiran yang bercampur. Hari ini merupakan hari bagus bagi Saxo Bank tetapi kami pun kehilangan Frank. Ketika kami mendengar ia mengalami kecelakaan, saya katakan kepada Andy (Schleck) jangan melihat ke belakangan dan terus gowes sepadanya," kata Cancellara kepada wartawan.

"Merupakan kesempatan besar untuk bisa mengambil alih posisi Contador dan Armstrong dan itu lah yang sudah kami lakukan," katanya.
(A008/

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010