Pau, Prancis (ANTARA News) - Lance Armstrong mencuri perhatian pada tahapan ke-16 sepanjang 199,5 kilometer balap sepeda Tur Prancis, yang dimenangi pebalap Prancis Pierrick Fedrigo di Pau, Selasa waktu setempat.

Juara tujuh kali yang mengharapkan meraih gelar kedelapan dalam balap sepeda Tur itu, mengalami kecelakaan di Pegunungan Alpen pada tahapan kedelapan, membuktikan diri masih memiliki kekuatan ketika melepaskan diri dari kelompok dan melesat di depan sepanjang hari pada lintasan Bagneres de Luchon, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ia melakukan "sprint" menjelang akhir lomba tetapi pada 39km menjelang tiba di garis finish, ia dilewati Fedrigo, rekan senegaranya Sandy Casar dan pebalap Spanyol Ruben Plaza.

Armstrong berada di urutan keenam, enam menit 45 detik di depan grup yang ada di belakanganya.

Pimpinan Tur dan juara bertahan Alberto Contador dari Spanyol mempertahankan posisi sebanyak delapan detik atas pebalap dari Luxembourg Andy Schleck.

Kedua pebalap itu diperhitungkan akan menjalani persaingan lebih ketat pada puncak Tourmalet yang merupakan tahapan ke-17, Kamis.

Balapan Tur itu memperingati perlombaan yang ke-100 tahun di Pyrenees yang berawal pada 1910, serta empat tanjakan yang dilewati pada tahun itu, yaitu di Peyresourde, Aspin, Tourmalet dan Aubisque.

Para pebalap menikmati hari istirahat mereka di Pau, Rabu.
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010