Jakarta (ANTARA) - Operasi Pasar (OP) yang diselenggarakan oleh Bulog pada Kamis berlangsung di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan.

OP ini menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, gula, tepung dan minyak goreng, kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan.

Dia mengatakan operasi pasar ini dalam rangka mengendalikan harga akibat dampak wabah virus corona (COVID-19).

"Untuk wilayah Jakarta Selatan OP ada di Pasar Pondok Labu, tujuan OP untuk menekan harga akibat corona," kata Hasudungan.

Hasudungan mengatakan, OP digelar oleh Bulog bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, gula, tepung dan minyak goreng dengan harga terjangkau.

Gula dijual seharga Rp12 ribu per kilogram (kg), tepung terigu Rp8.500 per kg dan minyak goreng Rp11.500 per liter.

Baca juga: Daging ayam dijual Rp31.000/kg dalam operasi pasar di Jakarta dan sekitarnya
Baca juga: OP Beras di Jakarta Diaktifkan Kembali


Sedangkan beras, untuk jenis premium berat 5 kg dijual seharga Rp61 ribu, beras medium 5 kg Rp45 ribu dan beras medium 50 kg Rp415 ribu per karung. "Harga dijual murah, masyarakat yang ingin belanja tinggal datang aja," kata Hasudungan.

OP di Pasar Pondok Labu hanya berlangsung satu hari, seperti hari sebelumnya Rabu (18/3) OP hadir di Pasar Mampang.

Dikutip dari media sosial (Instagram) Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta setiap hari kegiatan OP dilaksanakan di lima wilayah Provinsi DKI Jakarta terhitung mulai Rabu (18/3).

OP diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat DKI Jakarta secara khusus memberikan ketenangan bagi masyarakat dalam mencukupi kebutuhan bahan pokok sehingga tidak terjadi "panic buying" di saat mewabahnya virus corona.

.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020