Washington (ANTARA News/AFP) - Albania dan Kroasia bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Rabu, ketika para wakil dari kedua negara tersebut menyerahkan kelengkapan keanggotaan persekutuan militer itu kepada pemerintah AS.

Duta Besar Albania Aleksander Sallabanda dan Dubes Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic mewakili negara-negara mereka pada acara penyerahan yang dituanrumahi Deputi Menteri Luar Negeri AS James Steinberg.

"Pada saat Deputi Menteri menerima kelengkapan keanggotaan, Albania dan Kroasia menjadi sekutu NATO," kata Kementerian Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

"Kami menyambut baik penyelesaian proses keanggotaan itu sebelum Pertemuan Puncak ke-60 NATO pada 3 dan 4 April, dimana Perdana Menteri Albania Sali Berisha dan PM Kroasia Ivo Sanader akan menempati kursi mereka untuk yang pertama kali mewakili negara-negara mereka sebagai anggota persekutuan tersebut," kata kementerian itu.

Jurubicara NATO James Appathurai mengatakan kepada wartawan, kedua negara itu telah "bekerja keras untuk menenuhi standar aliansi tersebut terkait dengan masalah demokrasi, dengan keadaaan militer mereka".

Albania dan Kroasia menjadi anggota ke-27 dan ke-28 dari persekutuan militer tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009