Cegah Covid-19, Masjid Raya Baiturrahman disemprot desinfektan

Cegah Covid-19, Masjid Raya Baiturrahman disemprot desinfektan

Personel Polresta Banda Aceh menyemprot cairan desinfektan di Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, Jumat (20/3/2020). ANTARA/Khalis

Banda Aceh (ANTARA) - Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh disemprot cairan desinfektan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di daerah berjulukan Serambi Mekkah tersebut.

Penyemprotan cairan tersebut dilakukan personel dari Detasemen Gegana Brimob Polda Aceh dan personel Polresta Banda Aceh yang berkerja sama dengan dinas kesehatan setempat.

"Ini kita laksanakan untuk mencegah wabah virus corona ini supaya tidak menyebar kemana-mana," kata Komandan Detasemen Gegana Brimob Polda Aceh Kompol Akmal di Banda Aceh, Jumat.

Sebelum melakukan penyemprotan cairan desinfektan, tim gabungan tersebut telah berkoordinasi dengan pihak pengurus masjid, sehingga diputuskan penyemprotan dilakukan pada Jumat pagi.

"Ini hasil koordinasi dengan pengurus masjid, jadi dilaksanakan hari ini, atas izin pengurus masjid," katanya.

Baca juga: Cegah COVID-19, masjid dan candi di Sleman-DIY disemprot disinfektan
Baca juga: Masjid Istiqlal siagakan dokter dan klinik antisipasi COVID-19


"Kita lakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona yang kita ketahui bersama saat ini sudah masuk ke Indonesia, kita berharap di Aceh tidak ada namun ini sebagai upaya pencegahan dan waspada," tambahnya.

Petugas yang menyemprot berasal dari personel Gegana Sub Detasemen Kimia Biologi dan Radio aktif (KBR) serta personel Polresta Banda Aceh. Mereka semua mengenakan alat pelindung diri lengkap dengan masker, kacamata, hingga penutup wajah.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Ryanto ikut hadir dan memberi arahan kepada petugas sebelum melakukan penyemprotan. Semua bagian masjid disemprot mulai dari bagian dalam, halaman, hingga basement.

"Semua disemprot, mulai dari bagian dalam sampai di bawah (basement) masjid, bagian-bagian yang sering dipegang oleh orang. Termasuk lantai (masjid)," katanya saat memberi arahan.

Baca juga: Cegah COVID-19, masjid di Madiun disemprot disinfektan oleh ACT
Baca juga: Masjid Raya Bandung didisinfeksi untuk cegah penularan corona
Baca juga: Cegah COVID-19, Polres Metro Bekasi Kota gelar sterilisasi di masjid

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BNN musnahkan 3,5 hektare ladang ganja di Aceh Besar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar