Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John, kemungkinan akan menyalurkan hak suaranya untuk Pemilu legislatif di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Perth, Australia, Kamis (9/4).

"Saya juga masih tanya-tanya ke Konsulat RI di sini, apakah ada TPS di sini atau tidak. Tetapi kemungkinan saya akan menggunakan hak pilihnya di Konsulat di Perth," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Rabu malam.

Menurut petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, dirinya juga sedang mencari orang di Konsulat yang bertugas atau mengurusi soal itu. "Bagaimanapun juga saya akan tetap menggunakan hak pilih saya," katanya.

Chris John tidak bisa menggunakan hak pilihnya di Indonesia (Semarang) karena sejak Rabu (1/4) sudah berada di Australia untuk berlatih di Sasana Herry`s Gym Perth sebagai persiapan menghadapi tarung ulang melawan petinju tuan rumah Ricardo "Rocky" Juaerez di Staples Stadium Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009.

Sebelum menjalani tarung ulang tersebut, suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati tersebut akan menerima gelar Super Champions dalam Konvensi WBA yang berlangsung di Cartegana, Kolombia, 31 April hingga 2 Mei 2009. Pada Konvensi itu, Chris John bertindak sebagai tamu kehormatan.

Sebenarnya, gelar Super Champions ini diterima Chris John usai mempertahankan gelarnya melawan petinju Jepang, Hiroyuki Enoki, tetapi baru bisa diberikan bertepatan dengan Konvensi WBA di Kolombia mendatang.

Gelar Super Champions ini diraih setelah yang bersangkutan berhasil mempertahankan gelarnya 10 kali berturut-turut tanpa putus sejak merebut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali 2003.

Chris John berhasil mempertahankan gelar juara dunia hingga 11 kali tanpa putus sejak merebut gelar juara dunia kelas bulu WBA dari tangan petinju Colombia, Oscar Leon di Bali tahun 2003 dan terakhir adalah saat bermain seri melawan Rocky Juaerez di Houston Texas, Amerika Serikat, 28 Febuari 2009.

Dari 11 kali mempertahankan gelar tersebut, lima kali di antaranya dilalui melalui mandatory fight yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan terakhir melawan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Kemudian enam kali lainnya melalui tarung pilihan atau "choice", yaitu melawan Renant Acosta (Panama), Jose Cheo Rojas (Venezuela), Tommy Browne (Australia), Osamu Sato dan Zaiki Takemoto (Jepang), serta Rocky Juarez (Amerika Serikat).

Dari 11 kali pertarungan mempertahankan gelar tersebut, empat kali dimainkan di luar negeri, yaitu Jepang tiga kali, Australia sekali, dan Amerika Serikat sekali, sedangkan enam kali dimainkan di dalam negeri baik Jakarta maupun Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009