Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pejabat tinggi negara seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla, serta beberapa pimpinan partai politik, Kamis pagi, dijadwalkan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada dekat kediaman mereka.

Para pejabat dan pimpinan parpol menggunakan hak pilih di TPS dekat kediamannya terkait domisili mereka, sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimiliki.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono dijadwalkan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) 03 Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, Rabu (8/4) malam, di kediamannya di Puri Cikeas Indah, Bogor, Presiden Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat menggelar zikir dan doa bersama untuk mendoakan suksesnya penyelenggaraan seluruh proses Pemilu 2009.

Sedangkan Wapres Jusuf Kalla dan keluarga akan melakukan pencentangan di TPS 20 di Jl Taman Karawang, Menteng, Jakarta Pusat.

TPS 20 Taman Karawang, Menteng, pernah digunakan Kalla yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar dan keluarga untuk memilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ketua DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono akan menggunakan hak pilihnya di TPS dekat kediamannya, di Jl Cipinang Cipedak II Jakarta Timur. Agung Laksono merupakan caleg Golkar nomor urut 1 untuk DPR RI di daerah pemilihan Jakarta Timur.

Sementara itu, sejumlah pimpinan partai politik juga melakukan pencentangan di TPS di sekitar tempat tinggal mereka.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan suaminya, Taufiq Kiemas dan keluarganya, dijadwalkan akan menggunakan hak pilihnya di TPS 37 yang berada di dekat kediaman pribadinya di Jl Kebagusan IV, Jakarta Selatan.

Pada Rabu (8/4) malam, Taufiq Kiemas didampingi puterinya Puan Maharani dan sejumlah pengurus PDIP menggelar acara doa dan zikir bersama ribuan umat Islam di Aula Binus, Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

Sedangkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring akan menggunakan hak pilihnya di TPS yang berada di dekat tenpat tinggalnya, di Kompleks Pondok Mandala II, Kelurahan Tugu, Kelapa Dua, Depok.

Meski menjadi caleg DPR RI nomor urut 1 di daerah pemilihan Jawa Tengah V (Solo/Surakarta, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo), namun anggota Majelis Syuro PKS Hidayat Nurwahid yang juga Ketua MPR RI akan menggunakan hak pilihnya di TPS 47 Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondok Gede, Bekasi.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali akan menggunakan hak pilihnya di TPS dekat kediaman pribadinya di Jl Jaya Mandala VII, Komplek Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Suryadharma Ali sendiri merupakan caleg PPP untuk DPR RI dengan nomor urut 1 dari daerah pemilihan Jawa Barat III yang meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Demikian pula Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto akan menggunakan hak pilihnya di TPS dekat rumahnya di Kompleks TNI AD Bambu Apus, Jakarta Timur.

Pemilu 9 April 2009 diikuti 171 juta pemilih dari 232 juta orang jumlah penduduk Indonesia. Pemilu 2009 diikuti 44 parpol, terdiri atas 38 parpol nasional dan enam parpol lokal.

Jumlah calon anggota legislatif (caleg) DPR RI pada Pemilu 2009 sebanyak 11.215 orang, sedangkan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebanyak 1.109 orang.

Sementara itu, jumlah TPS pada Pemilu 2009 sebanyak 528.217 TPS yang tersebar di 33 provinsi, dengan jumlah pemilih setiap TPS maksimal sebanyak 500 orang. (*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009