Warga Raja Ampat temukan ikan paus terjebak dan mati

Warga Raja Ampat temukan ikan paus terjebak dan mati

Seekor ikan paus dengan panjang 12,3 meter dan lingkar dada 4 meter ditemukan  terjebak di kawasan manggrove muara Kampung Wawiyai. ANTARA/ Dokumen

... ikan paus yang diketahui jenis Balaenoptera brydei tersebut terjebak di kawasan manggrove muara Wawiyai Teluk Kabui pada 19 Maret 2020
Waisai (ANTARA) - Seekor ikan paus dengan panjang 12,3 meter dan lingkar dada 4 meter ditemukan terjebak di kawasan manggrove muara Kampung Wawiyai Teluk Kabui, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

"Masyarakat kampung Wawiyai kesulitan menolong ikan paus tersebut karena air di kawasan manggrove muara Wawiyai dangkal sedang bobot ikan paus tidak bisa diangkat dengan tenang manusia maupun perahu tradisional masyarakat setempat," kata Yance warga kampung Wawiyai Teluk Kabui Raja Ampat yang dihubungi dari Sorong, Senin.
Baca juga: 17 ekor paus terdampar di Sabu Raijua

Menurut Yance, ikan paus yang diketahui jenis Balaenoptera brydei tersebut terjebak di kawasan manggrove muara Wawiyai Teluk Kabui pada 19 Maret 2020 dan telah dilaporkan ke pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat.

Dia mengatakan bahwa pada 21 Maret 2020 tim gabungan dari pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat telah turun ke lokasi untuk melihat kondisi ikan paus yang terjebak di muara Wawiyai Teluk Kabui itu.

"Tim gabungan tersebut juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat kampung Wawiyai Teluk Kabui agar tidak mengganggu dan mendekati ikan paus yang terjebak itu," ujarnya.
Baca juga: Cerita nelayan penemu hiu paus di Cirebon

Ia menyampaikan bahwa ikan paus tersebut akhirnya mati pada 21 Maret 2020 sekitar pukul 17.00 WIT setelah tim gabungan dari pemerintah daerah kembali ke Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat.

"Kami juga telah melaporkan kepada pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat bahwa ikan paus tersebut sudah mati," tambah dia.

Belum ada keterangan resmi dari pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat, namun berdasarkan informasi ahli yang dihimpun Antara di lapangan bahwa paus yang bersangkutan dalam keadaan sakit dan cenderung mencari tempat tenang memulihkan diri.
Baca juga: Ikan hiu paus tutul terdampar di Pantai Lumajang

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pandemi Covid-19 Pemda Raja Ampat tutup seluruh objek wisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar