Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Sabtu sore memutuskan untuk kembali ke Jakarta dari kunjungannya ke Pattaya Thailand  setelah Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva membatalkan pelaksanaan KTT Asean plus three yang seharusnya dimulai hari ini.

Mensesneg Hatta Rajasa menjelaskan Presiden Yudhoyono akan tiba kembali di Jakarta pukul 18.15 WIB sore ini setelah PM Thailand mengumumkan penundaan pelaksanaan KTT itu dengan alasan gangguan keamanan akibat demonstrasi warga yang dilakukan di dekat lokasi berlangsungnya KTT.

Wartawan ANTARA yang berada di rombongan Presiden Yudhoyono melaporkan, setiba di pangkalan udara militer U Tapao Pattaya sekitar pukul 11.10 waktu setempat, Presiden tidak bisa melanjutkan perjalanan dan menunggu hingga sekitar 1 jam.

Setelah makan siang di sebuah resort yang berjarak sekitar 1 jam dari Pattaya, Presiden mendapatkan informasi bahwa PM Thailand sudah membatalkan KTT tersebut sehingga Presiden memutuskan untuk kembali ke tanah air.

Presiden berangkat Sabtu pagi ini pukul 7.30 WIB dari Bandara Halim Perdana Kesuma membawa sejumlah antara lain Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu, Menlu Nur Hassan Wirajuda, Ketua Umum Kadin MS Hidayat, Kepala BKPM M Luthfi. Plt Menko Perekonomian dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati telah ada di Thailand beberapa hari lalu.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009