Dari 391 PDAM yang ada di Indonesia baru 10 persen yang memanfaatkan alternatif pembiayaan nonpublik
Jakarta (ANTARA) - Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong perusahaan daerah air minum (PDAM) memanfaatkan alternatif pendanaan non-APBN/APBD.

"Ada banyak alternatif pendanaan yang dapat dimanfaatkan oleh BUMD air minum untuk memberikan layanan optimal kepada masyarakat," kata Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Terdapat beberapa alternatif pendanaan pembangunan infrastruktur dan peningkatan layanan SPAM yang saat ini sedang dikembangkan oleh BPPSPAM yaitu kerja sama investasi SPAM (dalam bentuk BOT), kontrak berbasis kinerja (KBK), kerja sama berbasis angsuran (KBA) dan corporate social responsibility (CSR).

Bambang mengatakan bahwa dari 391 PDAM yang ada di Indonesia baru 10 persen yang memanfaatkan alternatif pembiayaan nonpublik tersebut.

Dengan demikian, melalui National Urban Water Supply Project (NUWSP), Kementerian PUPR akan memberikan bantuan program pendampingan kepada pemerintah daerah dan PDAM yang memiliki kapasitas, kelayakan dan komitmen untuk untuk memanfaatkan sumber-sumber pendanaan nonpemerintah.

Ada tiga kategori bentuk bantuan yang diberikan NUWSP kepada pemda berdasarkan nilai self assessment toolkit (SAT) atau cara penilaian mandiri yang dilakukan sesuai pedoman yang telah dibuat.

Tiga bentuk bantuan tersebut yaitu pertama, bantuan stimulan (seed grant) yang diberikan kepada daerah yang memiliki kapasitas rendah dalam penyelenggaraan SPAM. Kedua, bantuan pendamping (matching grant) diberikan ke daerah yang memiliki kapasitas memadai dalam penyelenggaraan SPAM, ketiga, bantuan berbasis kinerja (performance based grant) untuk daerah yang berkapasitas dan berkomitmen peningkatan kinerja dan efisiensi operasional PDAM (non revenue water dan efisiensi energi).

Selain itu BPPSPAM juga berkomitmen memberikan bantuan program berupa capacity building kepada BUMD air minum yang akan menyelenggarakan kerja sama penyelenggaraan SPAM melalui alternatif pendanaan nonpublik.

Baca juga: Kementerian PUPR mulai pemasangan pipa PDAM Kota Malang
Baca juga: Kementerian PUPR dorong layanan PDAM optimalkan kualitas-kuantitas air
Baca juga: Kementerian PUPR ingin kepala daerah dukung terus PDAM

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020