London, (ANTARA News) - Final Piala UEFA bakal menampilkan tim Jerman dan Ukrania setelah Werder Bremen dan Hamburg SV serta Dynamo Kiev dan Shakhtar Donetsk bertarung di semifinal.

Playmaker asal Brazil Diego mencetak gol dua kali saat Werder memastikan melangkah ke semifinal setelah tim Jerman itu bermain imbang 3-3 melawan Udinese di Italia, Kamis waktu setempat, dengan kemenangan agregat 6-4, demikian diwartakan Reuters.

Sedangkan tim Bundesliga lainnya Hamburg sudah lebih dulu memastikan lolos ke semifinal setelah menang agregat 4-3, meskipun tim itu kalah 1-2 di Manchester City.

Ukrania juga meloloskan dua klubnya ke semifinal, setelah Dynamo melibas Paris St Germain 3-0 di Kiev setelah pada pertandingan leg pertama bermain imbang tanpa gol. Sedangkan Shakhtar juga lolos setelah menang 2-1 di Olympique Marseille dengan kemenangan agregat 4-1.

"Masuk semifinal piala UEFA adalah fantastis," kata pelatih Hamburg Martin Jol.

Ditanya tentang siapa yang menjadi favorit dalam all semifinal Jerman, Jol tidak mengatakan dengan pasti siapa yang difavoritkan.

"Bremen mungkin lebih berpengalaman, malam ini kami harus memainkan tiga pemain muda dan mereka bekerja dengan baik...kami punya tim yang berbakat," kata Jol.

Pada Rabu, presiden UEFA Michel Platini sedikit khawatir tentang kesiapan Ukrania untuk menjadi tuan rumah bersama Euro 2012, dengan keraguan apakah stadion Olimpiade akan bisa siap pada waktunya untuk kejuaraan bergengsi Eropa itu.

"Tapi tidak mungkin Ukrania mau kehilangan kejuaraan tersebut," kata Platini.

Dynamo kembali meraih semifinal Eropa pertamakalinya sejak tim itu melangkah ke empat besar Liga Champion pada 1999.

Pimpinan klasemen liga Ukrania itu membuktikan bahwa dirinya lebih kuat dari PSG di stadion Valeri Lobanovskiy setelah pemain depan asal Guinea Ismael Bangoura mencetak gol awal empat menit dari babak pertama. Kiper PSG Mickael Landreau blunder sehingga terjadi gol kedua, dan Ognjen Vukojevic memastikan gol ketiga bagi Dynamo.

Sementara itu Shakhtar akan tampil untuk pertamakalinya di semifinal kompetisi Eropa, setelah Luiz Adriano mencetak gol pada menit-menit terakhir pertandingan untuk memberi kemenangan Shakhtar di Marseille.

Semifinal leg pertama akan berlangsung pada 30 April dan kemudian pertandingan kedua akan berlangsung pada 7 Mei. Sedangkan final akan berlangsung di Istanbul pada 20 Mei.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009