Grab buat program bantuan untuk pengemudi hadapi corona

Grab buat program bantuan untuk pengemudi hadapi corona

Ilustrasi GrabKitchen. (ANTARAHO Grab Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Grab Indonesia menyiapkan program bantuan untuk mitra pengemudi dan GrabFood yang mengalami kendala bisnis akibat pandemik virus corona.

“Di tengah pandemik COVID-19, layanan pesan-antar makanan telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat. Untuk menjaga serta meningkatkan kepercayaan pelanggan, penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang lebih ketat memainkan peranan yang penting," 
Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dalam keterangan pers, dikutip Jumat.

‚Äč"Inilah mengapa Grab mengembangkan sejumlah pedoman, perangkat, dan materi pelatihan baru yang dapat membantu mitra merchant untuk mengimplementasikannya dengan mudah ke dalam proses kerja harian mereka. Bersama-sama, kita dapat meningkatkan standar keamanan pangan di Indonesia dan berkontribusi dalam upaya memerangi COVID-19,” kata Neneng.

Grab menyiapkan bantuan keuangan dana dan medis dalam Paket Bantuan GrabCare untuk mitra pengemudi yang harus menjalani karantina atau jika positif terinfeksi COVID-19.

Pengemudi akan menerima bantuan keuangan sebesar Rp1.500.000 untuk GrabBike dan Rp3.000.000 untuk GrabCar jika positif corona atau diminta menjalani karantina.

Grab juga menyiapkan asuransi mandiri In-Health yang dapat digunakan untuk pemeriksaan medis, konsultasi dokter, rontgen dada dan tes darah terkait COVID-19.

Baca juga: Grab siap patuhi tarif baru ojol

Baca juga: Uber beri kompensasi pengemudi yang didiagnosis virus corona


Sementara untuk mitra GrabFood, terutama UMKM yang bisnisnya tersendat karena perubahan situasi, perusahaan tersebut mengeluarkan Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood untuk tiga bulan.

Program ini mencakup strategi untuk mendorong permintaan dengan peningkatan visibilitas dalam aplikasi Grab, promosi khusus, serta kategori khusus untuk restoran lokal dan restoran favorit masyarakat.

Grab juga berinvestasi melalui GrabFood agar restoran bisa promosi langsung lewat aplikasi Grab dan menggratiskan biaya antar pesanan untuk pengguna.

Terkait standard keamanan untuk layanan pesan-antar makanan GrabFood, Grab menyiapkan Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood berisi tanggal, waktu, nama dan suhu tubuh orang yang menyiapkan makanan.

Grab mendorong restoran untuk menyiapkan area pengambilan khusus pengantaran online untuk mengurangi kontak langsung.

Baca juga: Bantu atasi corona, Gojek dan Grab sediakan angkutan untuk ahli medis

Baca juga: Bepergian dengan "ojol" di tengah pandemik corona, amankah?

Baca juga: Ojek "online" mulai terapkan layanan tanpa kontak langsung

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

1.000 nasi kotak gratis untuk abang ojek di Jateng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar