Cegah penularan COVID-19 lewat uang, QRIS tawarkan transaksi nontunai

Cegah penularan COVID-19 lewat uang, QRIS tawarkan transaksi nontunai

Cegah penularan COVID-19 lewat uang, QRIS tawarkan kemudahan transaksi nontunai (Istimewa)

QRIS dihadirkan agar bisa menjadi solusi untuk tetap dapat bertransaksi
Jakarta (ANTARA) - Untuk mencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 lewat uang, QRIS menawarkan kemudahan bertransaksi nontunai bagi masyarakat sekaligus mendukung kebijakan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

“QRIS dihadirkan agar bisa menjadi solusi untuk tetap dapat bertransaksi, berdonasi sosial atau keagamaan, sekaligus menjadi sarana untuk tetap peduli bagi sesama terutama di saat pandemi COVID-19,” kata Corporate Secretary PT Bank Nationalnobu Tbk Mario Satrio di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, potensi penularan COVID-19 melalui transaksi dan interaksi langsung dengan menggunakan mata uang sangat rentan dan rawan.

Oleh karena itu, transaksi nontunai dengan menggunakan QRIS atau QR Code Indonesian Standard oleh Bank Indonesia bisa menjadi jalan keluar untuk menekan risiko penularan tersebut.

“Tak hanya soal bertransaksi di minimarket, namun juga donasi kemanusiaan seperti PMI, dan keagamaan seperti zakat, infaq, wakaf, kolekte (persembahan) pun tetap dapat dilakukan dengan adanya QRIS maka dapat ditunaikan ibadah melalui online,” katanya.

Sejak awal QRIS dirancang untuk menjadi sarana pembayaran yang paling mudah karena dilakukan dari smartphone.

“Cukup dengan QRIS untuk menerima semua jenis platform pembayaran seperti Gopay, OVO, Nobu ePay, Dana, LinkAja, Sakuku, dan sebagainya,” katanya.

Bagi toko atau merchant, QRIS juga menawarkan biaya yang relatif murah, karena bebas biaya administrasi dan Merchant Discount Rate (MDR) yang juga relatif rendah.

Selain itu, QRIS juga dipastikan aman, karena dana diterima langsung di rekening bank sehingga dana yang tersimpan makin optimal karena bank memberikan tingkat suku bunga simpanan yang menarik.

QRIS yang dirilis oleh Nobu Bank menghadirkan NOBU-QRIS dengan metode pendaftaran online di https://nobuqris.nobubank.com.

“Dengan hanya 5 menit mengisi e-formulir, data akan diproses dan kurang dari 5 hari, QRIS akan terkirim ke pendaftar di Jabodetabek. Pemilik QRIS juga akan memperoleh bonus suku bunga menarik di tabungan atau gironya,” katanya.

Baca juga: BI Purwokerto sosialisasikan QRIS di arena CFD Cilacap
Baca juga: Puncak Pekan QRIS Nasional di Pontianak dibatalkan dampak COVID-19

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI gandeng UKM Banten gunakan QRIS sebagai metode pembayaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar