London (ANTARA News/AFP) - Bintang Manchester United, Ryan Giggs, hari Minggu (26/4) di London dinyatakan sebagai Pemain Terbaik tahun ini versi Persatuan Pemain Sepak Bola Profesional Inggris (PFA) untuk pertama kalinya, meskipun pada musim ini hanya turun di 12 pertandingan liga sebagai pemain inti.

Pemain gelandang Wales berusia 35 tahun itu, yang menikmati keberhasilan hampir dua dasawarsa di Old Trafford dalam suatu karir yang memenangi dua pertandingan final Liga Champions, dua kali meraih penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik Dunia dan kini daftar penghargaannya bertambah lagi dari para rekan profesionalnya.

"Saya beruntung mendapatkan banyak trofi, saya telah mendapat penghargaan sebagai pemain muda terbaik, tetapi ini merupakan penghargaan besar," kata Giggs, yang bisa jadi akan meraih gelar liga ke-11 bersama Manchester United musim ini.

Ia memberikan penghormatan kepada pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, yang membimbing karir Giggs sejak pemain sayap itu masih remaja.

"Pelatih itu berperan sangat besar dalam karir saya mulai sejak saya pertama kali bertemu dengannya ketika saya berusia 13 tahun," kata Giggs.

"Itu lebih dari 20 tahun lalu dan ia tahu saya lebih baik daripada siapapun dan hubungan kami sangat baik.

"Saya begitu beruntung mempunyai karir yang begitu hebat semacam itu di demikian banyak tim besar, dan saya bukan apa-apa tanpa pelatih itu," tambahnya.

Giggs, yang kontraknya dengan Manchester United berakhir pada akhir musim mendatang, mengatakan tentang masa depannya, "Selama saya diperlukan, menikmatinya, dan bebas dari cedera, saya akan meneruskannya selama saya dapat melakukannya."

Pemain sayap Aston Villa, Ashley Young dinyatakan sebagai Pemain Muda Terbaik Tahun Ini.

"Ini merupakan prestasi besar bagi klub dan rekan-rekan satu tim saya," kata Young. "Ini merupakan pengormatan besar dan saya merasa senang."

Tim Liga Primer PFA tahun ini terdiri atas enam pemain Manchester United dan juga termasuk pemain penyerang Chelsea, Nicolas Anelka serta bek kanan Portsmouth dan Inggris, Glen Johnson.

Berikut susunan tim Liga Primer PFA tahun ini : Edwin van der Sar (Man Utd); Glen Johnson (Portsmouth), Rio Ferdinand (Man Utd), Nemanja Vidic (Man Utd), Patrice Evra (Man Utd); Ashley Young (Aston Villa), Steven Gerrard (Liverpool), Ryan Giggs (Man Utd), Cristiano Ronaldo (Man Utd); Nicolas Anelka (Chelsea), Fernando Torres (Liverpool). (*)

Editor: Guntur Mulyo W
Copyright © ANTARA 2009