KJRI pastikan jamaah umrah terjebak "lockdown" Saudi siap pulang

KJRI pastikan jamaah umrah terjebak "lockdown" Saudi siap pulang

Ilustrasi - Umat Islam melakukan Tawaf keliling Kakbah. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)

Jakarta (ANTARA) - Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan jamaah umrah asal Indonesia yang tertahan di Arab Saudi akibat lockdown merespons wabah COVID-19 siap pulang.

"Semua jamaah umrah yang terdampak kebijakan lockdown Saudi sudah terdaftar dalam sistem. Mereka tinggal menunggu jadwal pemulangan," kata Endang kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan mereka saat ini berada di hotel untuk menunggu kesiapan maskapai Saudi memulangkan ke Indonesia.

Jamaah yang terdaftar, kata dia, berjumlah 44 orang. Semua teridentifikasi menggunakan visa umrah. Saat ini komunikasi pemerintah Indonesia terus dilakukan dengan maskapai Saudia Airlines.

Dari upaya itu, lanjut dia, jamaah yang akan dipulangkan berdasarkan data yang sudah terdaftar dan dilaporkan oleh KJRI di Riyadh.

"Jamaah saat ini menginap di hotel yang disiapakan oleh penyelenggara umrah yang memberangkatkan mereka. Secara umum kondisinya baik, meski mereka berharap bisa segera pulang," katanya.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada pekan lalu menyatakan kesiapan memfasilitasi kepulangan jamaah umrah usai ada penutupan penerbangan intenrnasional. Pemulangan hanya bagi jamaah umrah yang masuk Arab Saudi pada periode 1441 Hijriyah.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menko Luhut: Presiden minta penyaluran bantuan tidak bertele-teleĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar