Jakarta (ANTARA) - Turnamen video gim bernama NB2K Players Tournament akan resmi dimulai pada Jumat (3/4) mendatang, yang berpeluang menjadi pereda rasa haus tontonan bagi para fans NBA di tengah pandemi COVID-19.

NBA, Asosiasi Pemain NBA (NBPA), dan produsen gim 2K telah mengumumkan bahwa turnamen itu akan disiarkan melalui ESPN di AS selama sepuluh hari.

"Pemenangnya akan dimahkotai gelar juara NBA2K20 dan memilih badan amal untuk menerima sumbangan 100.000 dolar dari 2K, NBA, dan NBPA untuk mendukung pemulihan akibat virus corona," demikian pernyataan NBA seperti dikutip AFP.

Kevin Durant yang tidak dapat bermain pada musim ini karena masih memulihkan diri dari cedera tendon Achilles, justru akan menjadi salah satu pemain unggulan dari 16 pemain NBA yang ambil bagian.

Baca juga: Kevin Durant salah satu pemain Nets yang positif COVID-19

Bintang Atlanta Hawks Traw Young merupakan unggulan kedua di turnamen yang juga diikuti oleh Hassan Whiteside (Portland Trail Blazers), Donovan Mitchell (Utah Jazz), dan Rui Hachimura (Washington Wizards) tersebut.

Unggulan ditentukan dari nilai masing-masing pemain di video gim NBA 2K, serta durasi mereka berkiprah di liga.

Setelah pertandingan-pertandingan penyisihan pertama dan putaran kedua, laga semifinal dan final akan dimainkan dengan sistem "best of three."

Baca juga: NBA hampir pasti lanjutkan kompetisi, tapi tanpa penonton

Saat kewajiban mengisolasi diri di rumah dan karantina akibat pandemi COVID-19 telah melumpuhkan dunia olahraga, balapan NASCAR memperlihatkan bahwa video gim atau E-sport dapat membantu mengurangi dahaga para penggila olahraga.

Dalam dua pekan terakhir, para pebalap NASCAR berkompetisi di ajang-ajang iRacing, yang diajarkan langsung oleh Fox Sports. Acara-acara siaran langsung itu terbukti menarik minat puluhan ribu penonton.

Musim kompetisi NBA telah dihentikan sejak 11 Maret setelah pemain Utah Rudy Gobert kedapatan positif COVID-19.

Rekan setimnya, Mitchell, serta beberapa pemain NBA lainnya juga mendapatkan hasil tes yang sama, yakni positif terinfeksi virus tersebut.

Baca juga: LeBron James bahas efek virus corona ke NBA

Baca juga: Rudy Gobert dan Donovan Mitchell telah bersih dari virus corona

Baca juga: Marcus Smart akui positif virus corona

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020