Mumbai, India (ANTARA News/AFP) - Tempat-tempat pemungutan suara, Kamis, dibuka dalam Pemilu tahap ketiga India selama sebulan, dengan penduduk Mumbai, lokasi serangan kelompok garis keras tahun lalu , termasuk diantara 144 juta pemilih terdaftar akan memberikan suara mereka.

Tempat-tempat pemungutan suara dibuka pukul 07:00 waktu setempat (08:30 WIB), dengan pemberian suara di sebagian besar distrik akan berakhir pukul 17:00 waktu setempat (18:30 WIB).

Di antara sembilan negara bagian yang ikut dalam pemilu itu adalah bagian-bagian dari Bihar dan Uttar Pradesh di utara, Gujarat di barat , negara bagian Karnataka dan Benggala Barat.

Keamanan ditingkatkan , khususnya di tempat-tempat pemungutan suara di Bihar dan Benggala Barat yang dianggap berisiko serangan pemberontak Maois yang pada pemilu putaran pertama dua pekan lalu melancarkan serangan-serangan yang menewaskan 20 orang.

Sepuluh kursi parlemen tersedia untuk kota bisnis dan hiburan Mumbai, di mana kegiatan politik meningkat di kalangan penduduk berpendidikan, kelas menengah sejak serangan Nopember lalu yang menewaskan 166 orang.

Pemilu lima tahap di negara demokrasi paling luas di dunia itu akan berakhir 13 Mei, dengan hasil akhir diperkirakan akan dapat diketahui tiga hari kemudian.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009