London (ANTARA News) - Pertunjukan kelompok Wayang Ajen Parwa Pujangga Bekasi dengan dalang Wawan Gunawan, memukau sekitar 150 pengunjung dalam pembukaan Festival Internasional Titeres de Canaria di Auditorio Guia de Isora Tenerife, Spanyol.

Dalam acara pembukaan Festival yang dihadiri Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Slamet S Mustafa, kelompok Wayang Ajen Parwa Pujangga menampilkan kisah cinta sejati Rama dan Sinta dari cuplikan Ramayana.

Sekretaris pertama Pensosbud KBRI Spanyol Allen Simarmata mengatakan bahwa pertunjukkan wayang yang mengisahkan Rama dan Sinta itu pengantar cerita dilakukan dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Sebelum pertunjukan, dalang Wawan Gunawan memperkenalkan satu persatu wayang kulit maupun wayang golek yang dimainkannya disertai karakter masing-masing wayang.

Seperti Shinta, seorang wanita yang memiliki karakter kesetian kepada suaminya, Rama adalah suami Shinta yang dikenal sebagai pahlawan keadilan, bijak dan ramah dan juga karakter wayang lainnya seperti Laksamana, Anoman, Rahwana dan Pankawan yang terdiri dari Semar, Ceot, Dawala dan Gareng.

Dalam selingan pertunjukan wayang, dalang Wawan Gunawan menggunakan kesempatan pertunjukannnya dengan menyisipkan dialog promosi Indonesia.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009