BPS: Sebanyak 1,6 juta penduduk Sumsel akses sensus online

BPS: Sebanyak 1,6 juta penduduk Sumsel akses sensus online

Petugas Badan Pusat Statistik menunjukan situs pengisian Sensus Penduduk daring di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (15/2/2020). (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/pd.)

Mudah-mudahan saat masa WFH ini masyarakat bisa lebih berpartisipasi dalam pengisian sensus penduduk online
Palembang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 1,6 juta penduduk di Sumatera Selatan telah melakukan sensus penduduk online selama periode 15 Juli-31 Maret 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Endang Tri Wahyuningsih di Palembang, Rabu, mengatakan angka tersebut diperkirakan bertambah seiring perpanjangan waktu pengisian secara online dan masa bekerja di rumah (WFH) akibat sebaran pandemi virus corona.

“Capaian saat ini sudah 18,04 persen dari target 29,27 persen. Mudah-mudahan saat masa WFH ini masyarakat bisa lebih berpartisipasi dalam pengisian sensus penduduk online,” kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, BPS optimistis target partisipasi secara online ini bisa tercapai. Apalagi pengisian sensus secara online juga menjadi solusi untuk mengurangi pertemuan fisik antara petugas dan masyarakat di tengah mewabahnya COVID-19.

Ia mengatakan sejalan dengan pernyataan resmi pemerintah untuk melakukan pembatasan kegiatan di luar rumah dan tatap muka, BPS pun telah menyesuaikan waktu perpanjangan sensus penduduk online hingga 29 Mei 2020.

“Secara nasional, sebanyak 32,4 juta penduduk Indonesia sudah berpartisipasi dalam periode awal sensus penduduk online,” kata dia.

Selanjutnya, kata dia, sensus penduduk dengan metode wawancara yang dilakukan petugas terhadap masyarakat akan dimulai pada 1 September – 30 September 2020.

Baca juga: Sensus Penduduk Online diperpanjang hingga 29 Mei
Baca juga: BPS targetkan 44 persen warga Sumsel ikuti Sensus Penduduk Online

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kepala Bappenas sebut penerapan tatanan kehidupan baru tidaklah rumit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar