Jakarta (ANTARA News) - Pembalap Polygon Sweet Nice (PSN) Herwin Jaya merebut gelar kaos Merah Putih di etape pertama Team Time Trial 4,4 km ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2009 di Padang, Kamis.

Pria berusia 24 tahun ini mencatat waktu invidu tercepat klafisikasi pembalap nasional atau "red dan white jersey" dengan cacatan waktu 5 menit 30 detik sementara Malcolm Rudolph pembalap Budget Forklifts Australia merebut kaos kuning "yellow jersey" sebagai pembalap tercepat dengan waktu 5 menit 15 detik.

Sedang posisi "green jersey" (kaos hijau) atau pembalap sprint direbut pembalap Jepang Takeaki Ayabe.

"Saya merasa bangga mampu merebut kaos merah putih dietape pertama," kata Herwin, pria kelahiran Probolinggo 7 Februari 1985 ini usai lomba.

Menurut dia, usaha ini bukan hanya karena dirinya sendiri tapi juga dukungan tim PSN.

"Tantangan di etape kedua memang agak berat, namun akan saya pertahankan," katanya.

Sementara Malcolm Rudolph pembalap Budget Forklifts Australia mengatakan, timnya senang merebut posisi pertama ajang balap sepeda yang memperebutkan hadiah 60 ribu dolar AS.

"Saya tidak mengalami kesulitan untuk etape pertama ini. Saya dapat tampil maksimal dengan lintasan yang agak lebar dan berbelok," katanya.

Sementara pembalap Jepang Takeaki Ayabe asal tim Asian Racing Team merasa senang dengan siapnya panitia melaksanakan event ini. "Kami senang tampil di Padang," katanya.

Untuk klasifikasi tim, tim Budget Forklif Australia tercepat dengan merebut juara etape pertama dengan waktu 5 menit, 15,539 detik.

Posisi kedua ditempati tim Aisan Racing Team asal Jepang (05:17.690), disusul Tabriz Petrochemical Team Iran (05:19,676). Tim Indonesia PSN diurutan ketujuh (05:30,178), disusul Kukar Cycling Team (05:32,192) dan PAL Indonesia di posisi sembilan dengan waktu 5 menit 33 detik.

Sementara tim ISSI Sumbar harus puas diurutan buncit dengan catatan waktu 6 menit 49,929.

Para pembalap akan memulai lomba tanjakan di etape II Padang-Bukittinggi sejauh 88,2 km pada Jumat mulai pukul 08.WIB.

Di etape II ini ada lomba sprint di km23 Batang Anai dan dua lomba tanjakan di km 67 Padang Panjang dengan ketinggian 730 meter di atas permukaan laut dan di km 77,8km Kotobaru dengan ketinggian 1154 meter di atas permukaan laut.

Selanjutnya, pembalap akan menempuh etape IIIA Bukittinggi-Sawahlunto 84,6 km dan etape IIIB Sawahlunto-Danau Singkarak 91km pada Sabtu (2/5), etape IV Danau Singkarak-Danau Kembar-Danau Singkarak 188,8 km pada Minggu (3/5).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009