Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada Susilo Bambang Yudhoyono usulan Partai Amanat Nasional (PAN) yang ingin menggandengkan Hatta Rajasa sebagai calon wakil presiden untuk Yudhoyono.

Ketua DPP bidang Politik Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, di Jakarta, Sabtu, mengatakan Partai Demokrat menghargai usulan 28 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN yang berkeinginan menyandingkan Hatta Radjasa dengan Yudhoyono.

Namun, menurut Anas, keputusan akhir tentang cawapres yang akan mendampingi Yudhoyono pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 sepenuhnya berada pada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tersebut.

"Partai Demokrat menghargai usulan PAN. Namun, keputusan tentang cawapres sepenuhnya berada di tangan Yudhoyono. Biar Yudhoyono yang memutuskan," ujarnya.

Anas mengatakan, Yudhoyono akan memilih cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 8 Juli 2009 menurut sembilan kriteria yang telah ditetapkannya pada Rapimnas Partai Demokrat 26 April 2009.

Selain PAN, partai politik yang telah mengajukan nama cawapres kepada Partai Demokrat adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Anas, usulan PAN dan PKS nanti akan sama-sama dipertimbangkan oleh Yudhoyono untuk mencari cawapres terbaik bagi dirinya.

Pada Rapimnas PAN di Yogyakarta 2 Mei 2009, 28 DPW PAN mengusulkan anggota Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Hatta Radjasa untuk menjadi cawapres bagi Yudhoyono yang telah ditetapkan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009