Kementerian BUMN diharapkan mampu memobilisasi seluruh potensi BUMN untuk pengadaan sarana dan prasarana kesehatan terkait penanganan COVID-19..
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Sitorus mengapresiasi kinerja Kementerian BUMN karena berperan besar dalam penanganan pandemi virus corona di Indonesia.

“Apresiasi terhadap Kementerian BUMN yang terlibat dan ditugaskan di garis depan menghadapi pandemi COVID-19,” kata Deddy saat menghadiri rapat virtual bersama Menteri BUMN di Jakarta, Jumat.

Selanjutnya, Deddy meminta agar Kementerian BUMN mampu mengoptimalkan potensi seluruh BUMN untuk menjalani tugas kemanusiaan melawan virus corona. BUMN diharapkan mampu mengambil peran besar dalam memenuhi kebutuhan alat medis penunjang penanganan pandemi virus corona.

“Kementerian BUMN diharapkan mampu memobilisasi seluruh potensi BUMN untuk pengadaan sarana dan prasarana kesehatan terkait penanganan COVID-19, seperti masker, APD dan ventilator termasuk obat dan vitamin,” ucap wakil rakyat dari dapil Kalimantan Utara tersebut.
Baca juga: Kementerian BUMN telah distribusikan 3 juta masker ke daerah

Dedy juga meminta agar BUMN Farmasi dilibatkan dalam pengadaan sarana dan prasarana kesehatan untuk penanganan COVID-19.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan pemerintah mendorong semua perusahaan BUMN untuk terlibat dalam pencegahan dan penanganan pandemi corona di Indonesia. Menurut Erick, keterlibatan BUMN adalah keharusan walau risikonya adalah merugi.

Target perusahaan BUMN tahun depan pun hanya dividen tetap, meski tetap disiapkan antisipasi agar BUMN mampu melalui masa sulit akibat dampak dari wabah corona ini.

Baca juga: BUMN komitmen berikan layanan publik di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: Kementerian BUMN akan kirim alat laboratorium COVID-19 ke 10 provinsi


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2020