Office jadi Microsoft 365, begini cara dapat gratis

Office jadi Microsoft 365, begini cara dapat gratis

Salah satu fitur Microsoft 365. (ANTARA/Screenshot video Microsoft)

Jakarta (ANTARA) - Jika Anda bekerja dari rumah (work from home), Anda pasti butuh alat penunjang kerja, antara lain aplikasi Microsoft Office 365, dan sayangnya untuk menggunakan aplikasi itu kita sering terbentur dengan keharusan berlangganan.

Layanan produktivitas berlangganan Microsoft -- termasuk Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Microsoft Teams, OneDrive dan SharePoint -- biasanya berharga 150 dolar untuk instalasi satu kali, atau antara 70 dolar hingga 100 dolar setiap tahun untuk akses lintas perangkat dan paket keluarga.

Pada akhir Maret lalu, Microsoft mengumumkan bahwa Office 365 menjadi Microsoft 365, layanan baru yang menambahkan lebih banyak fitur ke perangkat lunak perkantoran. Microsoft 365 akan tersedia mulai 21 April, dengan harga 7 dolar per bulan untuk paket individual dan 10 dolar untuk paket keluarga hingga enam orang.

Baca juga: Microsoft alihkan semua acara menjadi daring hingga Juni 2021

Baca juga: Microsoft perbarui Office 365 jadi Microsoft 365


Berikut cara untuk mendapatkan Microsoft 365 secara gratis, mengutip laporan CNet, Sabtu:

Jika Anda seorang siswa, guru atau anggota fakultas dengan alamat email sekolah, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan akses ke Office 365 secara gratis melalui Microsof t-- termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Team, dan alat kelas tambahan.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan alamat email sekolah Anda di halaman situs web Microsoft: "Mulai dengan Office 365 secara gratis".

Dalam banyak kasus, Anda akan langsung diberikan akses berkat proses verifikasi otomatis. Jika Anda dari sebuah lembaga yang perlu diverifikasi, mungkin perlu waktu hingga satu bulan untuk mengonfirmasi kelayakan Anda.

Bagi siswa lulusan terbaru yang ingin tetap menggunakan Office 365 juga bisa mendapatkan Office 365 Personal seharga 12 dolar untuk 12 bulan, dengan alamat email sekolah yang valid.

Baca juga: Aplikasi-aplikasi ini permudah WFH

Baca juga: Microsoft Teams beri fitur-fitur baru tunjang "work from home"


Bagi orang kebanyakan, Anda pun bisa mendapatkan uji coba gratis Office 365 selama satu bulan untuk mencobanya.

Namun, itu mengharuskan Anda untuk memasukkan kartu kredit, dan jika Anda tidak membatalkannya sebelum bulannya habis, Anda akan dikenai 100 dolar untuk berlangganan satu tahun Office 365 Home.

Berita baiknya adalah, jika Anda tidak memerlukan rangkaian lengkap alat Office 365, Anda dapat mengakses sejumlah aplikasi online secara gratis -- termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneDrive, Outlook, Kalender, dan Skype.

Buka Office.com, masuk ke akun Microsoft Anda (atau buat akun gratis). Jika Anda sudah memiliki login Windows, Skype atau Xbox, Anda memiliki akun Microsoft yang aktif.

Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan, dan simpan pekerjaan Anda di cloud dengan OneDrive.

Lalu pertanyaannya, jika bisa menggunakan gratis mengapa harus berlangganan? Paket gratis per aplikasi itu terbatas, hanya bisa berjalan melalui browser web dan Anda tidak bisa menggunakannya jika tidak online.

Baca juga: Situs online Game Nintendo sempat "down" 9 jam

Baca juga: Raksasa teknologi komitmen perangi penipuan dan misinformasi COVID-19

Baca juga: Microsoft capai target 1 miliar perangkat jalankan Windows 10

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar