Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat pagi membuka kegiatan Bulogvaganza yang merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Bulog ke-42.

Presiden yang didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono secara resmi membuka kegiatan yang berlangsung di Kompleks gedung pertemuan dan pameran Balai Kartini Jakarta.

Direktur Utama Perum Bulog Mustafa Abubakar dalam sambutannya menyatakan 42 tahun BUMN itu bekerja untuk ketahanan pangan di Indonesia.

Selama waktu itu pula , Bulog telah mengalami pasang surut dan berbagai dinamika organisasi. Dan ketika status kelembagaan Bulog emudian berubah menjadi perusahaan umum (Perum) pada tahun 2003, hal ini membawa konsekuensi perlunya perubahan pola pikir dan tata kerja seluruh jajaran perusahaan.

"Proses ini tidaklah mudah karena dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk beradaptasi dan bermetamorfosis menjadi suatu BUMN," katanya.

Abubakar menambahkan berbagai upaya telah dilakukan, termasuk diantaranya penandatanganan Pakta Integritas sebagai wujud komitmen manajemen Perum BULOG dalam melaksanakan tugas secara Bersih, Transparan dan Profesional, menjunjung tinggi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) .

Kemudian juga harus ada sikap kehati-hatian dan memperhatikan risk management, meningkatkan koordinasi dengan semua instansi terkait dalam rangka membangun public relation dan image building, serta terus mengupayakan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Rangkaian acara yang diselenggarakan dalam rangka Bulogvaganza, kata Abubakar, selain lokakarya tentang ketahanan pangan, juga akan dilangsungkan pameran pangan dengan tema eksotika pangan Indonesia.

Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan pernyataan bersama para pengelola pangan di negara-negara ASEAN antara yaitu Bernas Malaysia, Encik Wan Razif W. Musa, Nations Foods Autority (NFA) Filipina Jessup P. Navarro, Vinafood 2 Viet Nam, Tran Dong Kinh, Public Warehouse Organitation (PWO) Thailand, Nattira Leewarepoorn.

Juga dilakukan penandatanganan Kerja sama Pengembangan

Sumber Daya Manusia dalam hal Pendidikan Logistik Terapan antara

Perum Bulog dengan Institut Teknologi Bandung dan Pendidikan

Manajemen Pangan antara Perum Bulog dengan Institut Pertanian Bogor

Serta penandatanganan kerjasama pengembangan Cassava antara Bulog dengan PT Sriboga Ratu Raya dan PT Nectar Agro Nusantara.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009