Roma (ANTARA News/AFP) - Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengaku akan senang jika Iran menghadiri pertemuan mengenai Afghanistan, Juni, ketika para menteri luar negeri G8 berkumpul di Italia, kata Menlu Italia Franco Frattini di Roma, Sabtu.

Frattini, yang telah bertemu dengan Hillary di Washington pekan ini, mengatakan pada wartawan bahwa Hillary telah menyampaikan pendapat positifnya mengenai masalah partisipasi Iran pada pembicaraan yang akan berlangsung di kota Trieste, Italia.

"Tujuan kami adalah untuk mendapati menteri luar negeri Iran dan Amerika duduk di meja yang sama," ia menambahkan, merujuk pada pembicaraan yang akan memusatkan diri pada pemulihan stabilitas di Afghanistan dan Pakistan tersebut.

Ia mengingatkan bahwa Presiden AS Barack Obama memiliki prioritas nyata berupa stabilisasi kawasan paling berbahaya di dunia di perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Iran dan AS telah menghadiri pertemuan mengenai Afghanistan yang berlangsung Maret di Den Haag, Belanda pada kesempatan mana pemerintah Obama melakukan kontak langsung pertamanya dengan republik Islam itu. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009