Intinya, mereka (atlet-atlet) harus punya kesadaran. Profesi mereka itu adalah atlet, jadi harus ada tanggung jawab untuk menjaga kondisi fisiknya
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengingatkan kepada seluruh atlet agar tetap menjalani latihan fisik ringan guna menjaga kebugaran tubuh meskipun jadwal latihan saat ini belum kembali normal.

Pelatih fisik PBSI Felix Ary Bayu Marta, melalui keterangan tertulis, mengatakan ada program latihan fisik yang harus dijalani oleh seluruh atlet, baik yang berada di pelatnas maupun di rumah masing-masing. Program tiap atlet berbeda dengan atlet lainnya, tergantung dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing atlet.

“Program latihan fisik itu mencakup latihan ketahanan, kecepatan, kekuatan, koordinasi gerak dan sebagainya. Jadi, sekarang ada sesi lari, latihan sepeda dan bodyweight. Intensitasnya dinaikkan, tapi durasi atau volume latihan dikurangi karena tidak boleh terlalu capek,” kata Felix, Senin.

Baca juga: Atlet bulu tangkis Indonesia bantu warga tangkal corona

Lebih lanjut, dia menuturkan program latihan fisik itu berbeda-beda setiap hari, misalnya pada hari Senin, latihan berpusat pada peningkatan ketahanan dengan melakukan jogging selama 45 menit.

“Kemudian, Selasa, Kamis dan Sabtu biasanya ada latihan gerakan dasar menggunakan bodyweight, core, koordinasi gerak serta strength training. Sedangkan hari Rabu dan Jumat para atlet melakukan latihan kecepatan dan daya tahan,” ujar Felix.

Meski demikian, dia mengatakan setiap jenis latihan harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atlet. Jika atlet perlu meningkatkan ketahanan atau kecepatan, maka jenis latihannya harus yang bertujuan untuk menambah ketahanan dan kecepatan.

Baca juga: Herry IP siapkan program khusus ganda putra Olimpiade Tokyo

Selain latihan fisik, dia juga berpesan kepada seluruh atlet agar tetap disiplin menjaga kondisi fisik masing-masing selama pandemi COVID-19 atau virus corona.

“Intinya, mereka (atlet-atlet) harus punya kesadaran. Profesi mereka itu adalah atlet, jadi harus ada tanggung jawab untuk menjaga kondisi fisiknya,” ungkap Felix.

Pelatnas PBSI yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur saat ini sedang dalam masa libur terkait wabah COVID-19. Sebagian atlet memilih untuk tetap berada di pelatnas dan sebagiannya lagi memilih untuk pulang ke rumah. Pelatnas PBSI diliburkan hingga 2 Juni 2020.

Baca juga: Jalani isolasi, Praveen/Melati habiskan waktu dengan hobi

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020