Van Gaal Latih Bayern Munich

Berlin (ANTARA News/Reuters) - Pelatih asal Belanda Louis van Gaal akan mengambilalih posisi Pelatih Bayern Munich melalui kontrak dua tahun yang dimulai musim depan, demikian klub Bundesliga itu, Rabu waktu setempat.

Van Gaal akan menggantikan Jupp Heyckes yang mundur dari posisinya sebagai pelatih sementara hingga akhir musim setelah Bayern memecat Juergen Klinsmann bulan lalu.

Kepindahan itu sekaligus melengkapi rehabilitasi nama pelatih yang pernah memenangi Liga Champion bersama Ajax Amsterdam pada 1995 dan pernah sukses bersama Barcelona ini.

Namun dia juga sempat terpuruk bersama timnas Belanda ketika gagal lolos ke Piala Dunia 2002 sehingga dia mundur setelah bertugas hanya untuk 14 pertandingan.

Van Gaal kembali melatih secara penuh di Alkmaar pada 2005 dan membawa klub itu meraih gelar Liga Belanda musim ini yang merupakan penghargaan pertamanya sejak 1981.

Guru sepakbola

Bayern kembali ke dasar setelah kegagalan eksperimen Klinsmann musim ini sehingga manajer Bayern Uli Hoeness bertekad mengontrak seorang guru sepakbola yang akan membawa tim ini menjadi yang terbaik.

Hoeness juga menginginkan pelatih baru yang bisa berbicara Bahasa Jerman dan Van Gaal memenuhi syarat untuk itu.

Pelatih asal Belanda itu akan bergabung di Munich pada Juli bersama striker Hamburg Ivica Olic, Alexander Baumjohann dari Borussia Moenchengladbach dan Anatoly Tysmoschuk dari Zenit St Petersburg yang sudah setuju pindah ke Bayern.

Namun Van Gaal masih terikat kontrak dengan Alkmaar hingga 2010, padahal klub juara Jerman itu tak akan membayar klub Belanda tersebut sebelum mereka setuju melepas pelatih mereka.

Bayern telah menawarkan kesempatan diadakannya pertandingan persahabatan di Belanda.

"Sebagai tanda terimakasih untuk pertemuan kami, maka Bayern akan sangat senang bisa melakukan pertandingan persahabatan di klub juara Belanda," kata klub dalam pernyataannya.

Bayern berada di posisi kedua Bundesliga, di belakang Wolfsburg yang memiliki selisih gol lebih baik dan memiliki dua pertandingan sisa setelah memenangi seluruh tiga pertandingan di bawah Heynckes yang mengambilalih tugas pelatih sebelumnya April lalu. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Komentar