Rektor Unsyiah: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dimulai Juni

Rektor Unsyiah: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dimulai Juni

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal. ANTARA/M Ifdhal

kita butuh penyesuaian tata cara dan jadwal baru
Banda Aceh (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi tahun 2020 akan berlangsung pada 2 sampai 20 Juni 2020 kata pejabat setempat.

“Sesuai surat edaran nomor 11/SE.LTMPT/2020, pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020. Sementara pelaksanaan UTBK akan berlangsung pada 5-12 Juli 2020 dan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020,” kata Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu.

Samsul Rizal yang juga Wakil Ketua I LTMPT menjelaskan perubahan waktu tersebut dilakukan karena pertimbangan situasi nasional yang saat ini sedang menghadapi wabah COVID-19.

“Langkah ini dilakukan karena situasi negara yang tidak kondusif untuk menyelenggarakan UTBK dan SBMPTN, sehingga kita butuh penyesuaian tata cara dan jadwal baru,” Prof Samsul.

Baca juga: Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN Universitas Sebelas Maret mundur
Baca juga: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi gelar UTBK 5-12 Juli 2020


Ia mengatakan selain perubahan jadwal, pelaksanaan UTBK juga mengalami beberapa perubahan lainnya seperti materi tes yang diuji hanya Tes Potensi Skolastik (TPS).

Kemudian setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes dan waktu pelaksanaan tes dilakukan empat sesi setiap harinya.

Menurut dia, dari semua perubahan informasi tersebut yang tak kalah penting yang harus diketahui calon peserta adalah adanya penggabungan pendaftaran UTBK dan SBMPTN.

“Penggabungan ini dilakukan karena waktu yang semakin pendek dan mendekati tahun ajaran baru, sehingga tidak mungkin dilakukan dengan cara normal layaknya tahun kemarin,” katanya.

Baca juga: Nadiem pastikan UTBK tetap diselenggarakan
Baca juga: LTMPT belum pastikan kapan pendaftaran dan pelaksanaan UTBK


Ia mengatakan Pendaftaran UTBK dan SBMPTN harus dilakukan peserta secara bersamaan, di mana siswa saat mendaftar, selain memilih lokasi tes UTBK juga harus memilih PTN dan Prodi yang diinginkan.

“Jadi mereka harus memilih PTN dan Prodi tanpa tahu nilai UTBK-nya,” katanya.

Ia berharap perubahan ini dapat diikuti dan dimaklumi oleh calon peserta serta meminta segala proses dapat dilakukan dengan baik karena menentukan keikutsertaan di SBMPTN.

Samsul juga mengimbau agar calon peserta agar selalu memantau laman LTMPT agar dapat memperbaharui informasi.

Sementara terkait dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Prof Samsul mengatakan jika pengumuman SNMPTN akan dirilis pada Rabu, 8 April 2020 pukul 13.00 WIB.

“Pengumuman ini dapat diakses oleh calon peserta melalui website www.snmptn.unsyiah.ac.id
Kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN di Unsyiah,” katanya.

Samsul juga berharap untuk mengikuti sejumlah tahapan penting berupa verifikasi data akademik yang dapat dipantau melalui website resmi www.unsyiah.ac.id dan media sosial kampus.

Baca juga: LTMPT belum putuskan penundaan jadwal UTBK
Baca juga: Siswa yang daftar KIP Kuliah tidak dipungut biaya untuk ikut UTBK
Baca juga: LTMPT ubah aturan tes UTBK menjadi dua kali

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Sumut tetapkan Rektor UINSU tersangka kasus korupsi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar