Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Mardiyanto mengharapkan para calon pemilih untuk memanfaatkan waktu hingga 17 Mei 2009 untuk memastikan bahwa nama mereka tercantum dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan presiden dan wakil presiden yang dijadwalkan berlangsung 8 Juli 2009.

"Pastikan KPU memasukkan data secara benar," kata Mendagri di Ambon, Jumat ketika meresmikan kantor DPRD Provinsi Maluku. Pada acara itu, Mardiyanto didampingi Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

Mardiyanto mengatakan masa pemutakhiran data DPS akan berlangsung hingga 17 Mei 2009.

Karena itu ia mengingatkan para petugas untuk tetap benar-benar membuka pendaftaran hingga 17 Mei tersebut, sehingga tidak terulang lagi kasus pada pemilihan anggota legislatif 9 April 2009 yakni banyak warga masyarakat yang tidak bisa memilih padahal mereka sudah memiliki KTP ataupun ikut pilkada di daerahnya masing-masing.

Usai meresmikan gedung para wakil rakyat tersebut, Mendagri dan rombongan meninjau Desa Lateri, Ambon, untuk menyaksikan pemutakhiran data pemilu 2009.

Di sana, Mardiyanto berdialog dengan para petugas pendaftaran serta warga yang sudah memiliki hak pilih.

"Dorong masyarakat untuk menggunakan masa pemutakhiran data ini untuk mendaftarkan diri sehingga tidak ada orang yang berusaha memilih dengan menggunakan KTP nantinya," katanya.

Sementara itu, kepada beberapa warga Lateri, ia bertanya, "Sudah terdaftar atau belum? Pastikan lagi nanti, ya".

Dari para petugas, diperoleh keterangan bahwa ada beberapa nama yang sudah dicoret dari DPS namun sebaliknya ada sejumlah nama baru calon pemilih yang dicantumkan dalam DPS ini.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009