New York, (ANTARA News) - Saham-saham Wall Street melonjak pada Senin waktu setempat, setelah laba emiten peritel perlengkapan perbaikan rumah Lowe`s lebih baik dari perkiraan membantu memperkuat harapan pemulihan ekonomi yang terpukul resesi, kata para dealer.

Indeks saham blue-chip Dow Jones Industrial Average terangkat 235,44 poin, atau 2,85 persen, menjadi 8.504,08, demikian dikutip dari AFP.

Indeks saham teknologi Nasdaq bertambah 52,22 poin, atau 3,11 persen, menjadi 1.732,36 dan indeks Standard & Poor`s 500 meningkat 26,83 poin, atau 3,04 persen, menjadi berakhir pada 909,71.

Setelah perdagangan bergerak menyamping untuk sebagian besar perdagangan siang, saham mencatat "kenaikan impresif menyeluruh pada jam-jam terakhir perdagangan," kata para analis Briefing.com.

Aksi pasar terjadi setelah penurunan moderat pada Jumat yang menutup satu pekan yang turun hampir lima persen, mengakhiri kenaikan delapan pekan berturut-turut dalam sembilan pekan untuk indeks-indeks utama Wall Street.

"Resesi secara bertahap moderat, namun data pekan lalu menyediakan sebuah ingatan kembali dari bagaimana sulitnya jalan menuju pemulihan," kata Ryan Sweet dari Moody`s Economy.com.

"Aksi pasar dikatakan orang-orang sedang mencari untuk ekonomi keluar dari posisi terendah dalam beberapa bulan mendatang dan kemudian bekerja moderat pada akhir tahun," kata Al Goldman dari Wachovia Securities.

Menteri Keuangan AS Timothy Geithner menanggapi kenaikan Senin, dengan mengatakan, "sesuatu yang jelas menunjukkan stabilisasi" sejak ekonomi terbesar merosot ke dalam resesi pada Desember 2007.

Akan tetapi, ia memperingatkan bahwa sebuah pemulihan akan menjadi "bergelombang" dan "rapuh" untuk sementara waktu."

Pasar juga dipicu momentum positif sebuah rekor rally 17 persen di bursa saham India, didukung kemenangan kuat aliansi pimpinan partai Kongres dalam pemilihan umum , mendorong kembali harapan reformasi ekonomi di salah satu ekonomi kuat Asia.

Kalender ekonomi kehilangan data utama hingga Selasa, ketika pemerintah melaporkan pasar perumahan April untuk data rumah baru dan ijin mendirikan bangunan.

Lebih baiknya dari perkiraan laporan laba dari Lowe`s, peritel perlengakapan perbaikan rumah terbesar kedua di dunia, memicu harapan pemulihan, kata para analis.

"Laba yang lebih kuat dari perkiraan dari spesialis perbaikan rumah Lowe`s Companies dan sebuah rally besar di India membantu mengangkat semangat di Wall Street," kata Joseph Hargett dari Schaeffer`s Investment Research.

Saham Lowe`s naik 8,08 persen menjadi 19,94 dolar AS setelah laba bersih kuartalannya melampaui perkiraan pasar dan menerbitkan panduan naik yang mengejutkan, meski belanja konsumen di Amerika Serikat sedang melemah.

Saham Home Depot naik 6,64 persen menjadi 26,02 dolar AS di tengah kenaikan Lowe`s. Pemimpin sektor ini melaporkan labanya sebelum pasar dibuka pada Selasa.

Komponen Dow, ExxonMobil menguat 2,01 persen menjadi 70,50 dolar AS, setelah harga minyak mentah melonjak 2,69 dolar AS per barel di New York.

Bank of America melompat 9,93 persen menjadi 11,73 dolar AS, setelah Goldman Sachs menaikkan peringkat bank terbesar AS berdasarkan simpanan, dan merekomendasikan beli sahamnya.

AIG bertambah 6,40 persen menjadi 1,83 dolar AS. Asuransi yang ditalangi pemerintah ini mengatakan, akan mempercepat tahan pelepasan unit AIA, asuransi jiwa terbesar Asia, melalui sebuah pencatatan umum di kawasan.

Honeywell International naik 4,30 persen menjadi 33,00 dolar AS, setelah konglomerasi multinasional itu mengkonfirmasikan, perkebangan ordernua sejalan dengan panduan.

Obligasi turu. Imbal hasil (yield) obligasi negara AS berjangka 10-tahun meningkat menjadi 3,211 persen dari 3,123 persen pada Jumat, dan pada obligasi negara AS berjangka 30-tahun naik menjadi 4,176 persen dari 4,083 persen. Harga dan yield obligasi bergerak dalam arah saling berlawanan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009