Satu pasien COVID-19 asal Pesisir Selatan sembuh

Satu pasien COVID-19 asal Pesisir Selatan sembuh

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (9/4/2020). ANTARA/Humas BNPB/M Arfari Dwiatmodjo/pri.

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Salah seorang pasien asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, yang sembuh setelah sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 diperbolehkan pulang pada Kamis.

"Usai dinyatakan sembuh berdasarkan cek laboratorium, hari ini RSUP M Jamil Padang memperbolehkan pasien kasus pertama COVID-19 pulang," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan Rinaldi di Painan, Kamis.

Sementara pasien kasus kedua COVID-19, hingga kini masih menjalani perawatan di RSUP M Jamil Padang dan kondisi kesehatannya berangsur membaik.

Selanjutnya pasien kasus ketiga sejak Rabu malam (8/4) telah ditangani di RSUP M Jamil Padang, setelah sebelumnya ditangani di RSUD M Zein.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19: Jangan stres

Baca juga: Kondisi pasien COVID-19 di Pamekasan kian membaik

Baca juga: Dua pasien positif corona di Padang dinyatakan sembuh


"Pasien kasus keempat masih dirawat di RSUD M Zein Painan sejak pertama kali dinyatakan positif COVID-19" katanya lagi.

Hingga hari ini Tim Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 Pesisir Selatan mencatat jumlah pelaku perjalan yang berasal dari daerah terjangkit yang masuk ke kabupaten itu berjumlah 3.444 orang.

Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 169 orang dan pasien dalam pemantauan atau PDP nihil.

Tim juga mencatat sebanyak 723 orang pelaku perjalanan negatif terpapar COVID-19 setelah dipantau 14 hari, begitu juga dengan ODP sebanyak 94 orang juga dinyatakan negatif setelah melewati masa pemantauan.

Rinaldi menambahkan hingga hari ini upaya meminimalkan paparan COVID-19 terus dilakukan, salah satunya ialah dengan memperkuat sosialisasi ke masyarakat dengan melibatkan seluruh jajaran pemerintah.

Begitu juga dengan pengawasan dan pemeriksaan di pos perbatasan yang menjadi pintu masuk ke daerah setempat juga terus dimaksimalkan, pos tersebut berada di batas Kota Padang, Provinsi Bengkulu dan juga Jambi.*

Baca juga: 73 pasien RSPI Sulianti Saroso sembuh

Baca juga: Total positif COVID-19 di Indonesia 3.293 kasus dan 252 pasien sembuh

Baca juga: Cerita Fitri, pasien pertama bisa sembuh dari COVID-19 di Sultra

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar