Ramallah, Tepi Barat (ANTARA News/AFP) - Pemerintahan baru Palestina yang dipimpin kembali oleh Salam Fayyad dukungan Barat akan diambil sumpah pada Selasa setelah Presiden Mahmud Abbas mengumumkan kabinet itu, kata sejumlah pejabat Palestina kepada AFP.

Pengambilan sumpah akan berlangsung pukul 14:30 GMT atau pukul 21.30 WIB di markas besar Otoritas Palestina di kota Ramallah, Tepi Barat, kata mereka.

Kabinet itu akan beranggota 24 menteri, setengahnya anggota Fatah dan sisanya dari kelompok-kelompok lain, tapi tidak ada dari Hamas, tambah mereka.

Pengumuman itu dikeluarkan sehari setelah faksi Fatah pimpinan Abbas dan saingannya gerakan Hamas memulai babak perundingan kelima di Mesir tanpa menyetujui satu kesepakatan.

Fayyad yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat mengumumkan pada 7 Maret ia telah menyerahkan surat pengunduran dirinya untuk melancarkan jalan bagi satu "konsensus nasional" antara kedua kelompok tersebut.

Faksi-faksi yang bersaing itu telah bertikai sejak pasukan Hamas mengusir pendukung Abbas dari Jalu Gaza pada Juni 2007. Sejak itu Hamas memerintah Jalur Gaza dan Abbas dukungan Barat menguasai wilayah Tepi Barat.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009