Mobil ambulans ini untuk mengangkut PDP yang akan menjalani perawatan medis di rumah sakit
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, menyiapkan satu unit ambulans khusus untuk mengevakuasi pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 yang membutuhkan pertolongan medis menuju rumah sakit.

"Kami telah menyiapkan mobil ambulans khusus untuk PDP COVID-19. Mobil ambulans ini untuk mengangkut PDP yang akan menjalani perawatan medis di rumah sakit," kata Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man kepada wartawan di Kupang, Sabtu.

Baca juga: Empat rumah sakit penyangga disiapkan di Kupang tangani COVID-19

Mobil ambulans yang disiapkan Pemkot Kupang itu untuk membantu masyarakat daerah itu dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Dalam pengoperasian mobil ambulans itu, Pemkot Kupang akan berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) apabila akan mengevakuasi PDP yang tiba di Bandara Udara El Tari maupun Pelabuhan Tenau.

Baca juga: RSUD WZ Johannes Kupang isolasi satu pasien positif COVID-19

Selain itu, kata Hermanus Man, mobil ambulans juga digunakan untuk mengevakuasi PDP dari rumah menuju rumah sakit.

"Apabila ada PDP yang membutuhkan bantuan angkutan mobil ambulans menuju rumah sakit segera hubungi Pemkot Kupang dan dipastikan akan dijemput," tegas Hermanus Man.

Baca juga: Umat Katolik diajak tingkatkan kepedulian hadapi virus corona

Mobil ambulans khusus bagi penanganan COVID-19 akan dilengkapi fasilitas medis untuk penanganan darurat serta tenaga medis yang juga dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis serta sopir mobil ambulans.

"Para petugas medis kita yang bertugas di mobil ambulans itu dipastikan dilengkapi alat pelindung diri sehingga aman saat melaksanakan tugas evakuasi PDP," tegasnya.

Baca juga: RSUD W.Z. Johanis Kupang jadi tempat pemeriksaan spesimen COVID-19

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020