Pesawat TNI AU bawa APD tiba di Manado

Pesawat TNI AU bawa APD tiba di Manado

APD bantuan pemerintah pusat yang diangkut dengan pesawat TNI AU dari Skadron Udara 33 Makassar jenis Hercules C-130 tail number A-1330, tiba di Manado. ANTARA/HO Dispen Lanudsri/am.

Manado (ANTARA) - Pesawat TNI AU dari Skadron Udara 33 Makassar jenis Hercules C-130 tail number A-1330 tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, Sabtu, membawa bantuan pemerintah pusat berupa alat kesehatan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker.

Dalam rilis diterima,, Komandan Lanud Sam Ratulangi (Danlanudsri) Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, mengatakan sudah merupakan komitmen TNI, TNI Angkatan Udara untuk memanfaatkan alutsista yang dimiliki untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan COVID-19.

"TNI AU memiliki beberapa pesawat angkut namun pesawat Hercules yang kapasitas dan daya angkutnya cukup besar untuk mengangkut dan mendistribusikan alat-alat kesehatan ke seluruh daerah di Indonesia," katanya.

Baca juga: TNI AU kerahkan pesawat angkut APD untuk tangani COVID-19 di Papua
Baca juga: Ribuan APD dan masker untuk penanganan COVID-19 tiba di Bali


Ia menambahkan ini sudah yang ketiga kalinya bantuan APD dan masker tersebut.

"APD dan masker ini sangat penting bagi para tenaga medis yang berada di garda terdepan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona,"katanya.

Ia mengatakan dalam proses bongkar muat APD dan masker ini, kita tetap melaksanakan sesuai prosedur kesehatan.

Dengan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh crew pesawat serta semua barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan disinfektan, yang dilakukan oleh Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Manado.

Setelah dibongkar, ribuan APD dan Masker tersebut diangkut ke Baseops Lanud Sam Ratulangi dan dilakukan penyerahan secara simbolis dari Captain Pilot pesawat Hercules Captain Pilot Mayor Pnb Yayan kepada Danlanudsri Kol Pnb Johnny Sumaryana.

Selanjutnya Danlanudsri dan Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo menandatangani berita acara serah terima barang, yang disaksikan pejabat Pemerintah Provinsi Sulut, TNI dan Polri di daerah itu.

Pesawat milik TNI AU dari Skadron Udara 33 Makassar jenis Hercules C-130 tail number A-1330 tersebut mengangkut sebanyak 3.000 APD dan 4.000 masker.

Sebelumnya pada Kamis (26/3) Pesawat CN-295/A-2907 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta dan Minggu (5/4) Pesawat TNI AU Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang, telah membawa APD dan masker ke Manado.

Baca juga: TNI-AU bagikan sembako-masker ke rumah singgah yatim piatu Jakarta
Baca juga: Peringatan HUT Ke-74 TNI-AU digelar sederhana di tengah wabah COVID-19

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KSAU : Pesawat tempur yang jatuh masih laik terbang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar