Pemeriksaan dilakukan di atas kapal menyusul kabar sebanyak 40 anak buah kapal (ABK) KM Kelud yang dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani "rapid test" di Batam
Medan (ANTARA) - Seluruh penumpang Kapal Pelni KM Kelud akan menjalani proses pemeriksaan "rapid test" COVID-19 di atas kapal saat tiba di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara pada Senin malam ini.
 
 Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah yang dijumpai di Pelabuhan Beladan, Medan, Sumut, Senin malam menjelaskan pemeriksaan dilakukan di atas kapal menyusul kabar sebanyak 40 anak buah kapal (ABK) KM Kelud yang dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani "rapid test" di Batam.
 
"Para penumpang dan ABK akan kita periksa di kapal. Seandainya nanti kita temukan para ABK dan penumpang ini secara pemeriksaan cepat (rapid test) positif COVID-19, maka akan langsung kita isolasi," katanya.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi, ANTARA melaporkan sejumlah petugas tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut sedang mensterilkan lokasi yang akan dilalui oleh para penumpang.
 
Sebelumnya, sebanyak 40 ABK KM Kelud yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dinyatakan positif COVID-19.
 
Total penumpang yang dibawa sebanyak 111 orang  di mana 31 orang turun di Pelabuhan Batu Ampar, 44 orang turun di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan 36 orang turun di Pelabuhan Belawan.
 
Saat dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Khusus Batam terhadap ABK KM Kelud diketahui salah seorang di antaranya yang berinisial TF, positif COVID-19 berdasarkan hasil "rapid test".
 
Petugas kemudian melakukan tracing (penelusuran) terhadap para penumpang dan ABK dan didapati 39 lainnya juga positif COVID-19.
 
Selanjutnya, TF dirujuk ke RSBP Batam untuk menjalani proses isolasi, sementara 39 orang lainnya dievakuasi RS Infeksi Khusus Galang dengan menggunakan ambulans KKP dan satu unit Bus Trans Pemkot Batam dengan petugas TNI dari Denpom 1/6 Batam.
 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020