Bekasi (ANTARA News) - Sekitar 20 ribu masyarakat menghadiri deklarasi Calon Presiden (Capres) Megawati Soekarnoputri dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Menurut Tumai, Ketua Panitia Pelaksana Lokal, ribuan orang itu adalah kader dan simpatisan partai PDI Perjuangan dan Gerindra, serta sembilan partai pendukung.

Kesembilan itu adalah Partai Karya Perjuangan, Partai Kedaulatan, Partai Buruh, Partai Merdeka, Partai Persatuan Nahdlatul Ummah (PPNU), Partai Syarikat Indonesia (PSI), Partai Indonesia Sejahtera (PIS), dan Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaen.

"Masyarakat yang hadir di luar perkiraan kami. Semula, kami targetkan 10 ribu orang, tapi hingga pukul 11.00 WIB hadir lebih dari 20 ribu orang dari kader dan simpatisan serta partai pendukung dan masyarakat," kata Tumai.

Tumai menambahkan, pihaknya telah mendistribusikan puluhan ribu surat undangan deklarasi Mega-Prabowo ke sejumlah perwakilan daerah di DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Bekasi, Banten, Tanggerang, Subang, Sulawesi dan organisasi masyarakat dari profesi tani dan buruh seJawa Barat.

"Dalam acara ini kami melibatkan ratusan pedagang makanan tradisional dan kaki lima yang selama ini termarjinalkan. Mereka bebas untuk berjualan di tenda hiburan rakyat," katanya

Deklarasi Mega-Prabowo akan dimulai pada pukul 14.00 hingga 17.00 WIB yang diantaranya diisi doa dari pemuka enam agama, menyanyikan Indonesia Raya, pidato Capres dan Cawapres, dan prosesi deklarasi oleh rakyat.

"Pembacaan puisi `Karawang-bekasi` akan dibacakan WS Rendra, sementara penyanyi ternama Edo Kondologit akan membawakan lagu `Ibu Pertiwi," katanya

Pantauan di lokasi, acara berlangsung di atas lahan zona tiga C seluas 1,5 hektare, dilengkapi satu panggung utama dan dua panggung pendamping serta tenda raksasa berkapasitas 3.000 orang dilengkapi 10 layar TV flat.

Mayoritas pengunjung mengenakan seragam berwarna merah, hitam, dan kuning, dikawal oleh sekitar seribu aparat gabungan TNI, Polisi, Satpol PP, dinas perhubungan, satgas partai, dan Forum Betawi Rempug. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009