Monako (ANTARA News/Reuters) - Williams menjadi tim Formula Satu (F1) pertama yang mendaftarkan diri untuk kejuaraan 2010 meskipun terjadi kebuntuan atas peraturan-peraturan yang membuat Ferrari mengancam untuk mundur.

Menanggapi berita yang diberikan kepada Reuters dari sumber lainnya, Kepala Eksekutif Williams, Adam Parr hari Senin membenarkan pendaftaran itu, tetapi menekankan bahwa tim tetap terikat pada Persatuan Tim Formula Satu (FOTA).

"Persatuan FOTA sangat penting bagi Williams," katanya kepada Reuters.

"Kemarin saya bergabung dengan anggota FOTA lainnya dalam menulis surat kepada FIA (Federasi Automobile Internasional) untuk meminta usaha berkelanjutan guna mencari kompromi mengenai peraturan-peraturan untuk 2010," katanya.

Parr mengatakan Williams dan FOTA juga berusaha menandatangani secepatnya suatu persetujuan baru, yakni Concorde Agreement, persetujuan rahasia untuk mengelola olahraga tersebut, dimana para tim, FIA, dan Ketua Komersial, Bernie Ecclestone, belum tercantum namanya.

"Kami yakin bahwa di bawah kepemimpinan (presiden Ferrari Luca) di Montezemolo dan (presiden motorsport Toyota) John Howett, FOTA telah mendapatkan beberapa konsesi yang sangat berarti dari FIA," kata Parr.

"Ini bukan hanya aspek prosedural pambatasan anggaran, tetapi juga unsur lainnya yang akan memungkinkan tim anggaran yang lebih besar ambil bagian.

"Williams selalu mempertahankan bahwa kami mengikat kontraj dengan FOM (Managemen Formula Satunya Eccleston) dan FIA untuk ambil bagian di kejuaraan dunia dari 2008 hingga 2012.

"Kami telah dibayar penuh untuk partisipasi kami dan kami merasa secara moral dan hukum untuk menjelaskan bahwa kami akan ambil bagian di Formula satu mendatang seperti yang kami lakukan selama 30 tahun belakangan ini.

"Kami berhutang ini kepada para karyawan, sponsor, dan pendukung kami, yang kesemuanya terpengaruh pada pernyataan-pernyataan bahwa tim mungkin tidak akan ambil bagian dalam kejuaraan tahun depan," katanya.

Juara bertahan Ferrari telah mengancam akan mundur dari olahraga tersebut setelah terus ambil bagian dalam kompetisi tersebut selama 60 tahun bila peraturan-peraturan untuk 2010 tidak diubah.

Demikian halnya dengan mantan juara, Renault, Toyota, dan dua tim yang dimilki Red Bull, separuh dari tim yang ambil bagian di kejuaraan sekarang ini.

Yang menjadi rintangan utama adalah opsi pembatasan anggaran 40 juta pound (63,74 juta dolar AS). FIA menginginkan pengurangan biaya dan membantu tim-tim baru masuk ke ajang olahraga bermotor dunia tersebut.

Mereka yang menyetujui pembatasan anggaran itu akan diberi kebebasan teknis yang lebih besar. Ferrari menyatakan hal itu akan menciptakan dua sistem kejuaraan yang tidak dapat diterima.

Presiden FIA, Max Mosley, hari Minggu menyatakan bahwa pembatasan anggaran itu bisa ditunda setahun dan mengatakan ia berharap semua tim berkompetisi berdasarkan peraturan yang sama.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009