Semarang, (ANTARA News) - Pelatih sekaligus manajer Chris John, Craig Christian tidak mendampingi anak asuhnya saat menghadapi petinju tuan rumah, Rocky Juarez pada tarung ulang di Staples Center Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009.

Asisten Manajer Herry`s Gym, Toni Priatna ketika dihubungi dari Semarang, Selasa, mengatakan, begitu Chris John berangkat ke Amerika Serikat, Jumat (29/5), Craig kembali ke Perth, Australia.

"Craig ada urusan keluarga di Australia sehingga tidak bisa mendampingi Chris John mulai dari persiapan sampai dengan saat naik ring menghadapi Juarez," katanya menegaskan.

Menurut dia, untuk menggantikan posisi Craig sebagai pelatih selama di Amerika Serikat, Chris John akan didampingi Bob Fedonovsky.

"Bob sering mendampingi Chris John saat bertarung untuk mempertahankan gelar seperti saat melawan Juarez di Toyota Center Houston Texas, kemudian saat tarung wajib melawan Hiroyuki Enoki di Jepang," katanya.

Ketika ditanya apakah tidak ikutnya Craig akan mengganggu persiapan petinju dengan julukan The Dragon menghadapi Juarez, dia mengatakan, tidak karena Craig sudah memberikan bimbingan kepada Bob.

"Saya kira tidak akan mengganggu karena Bob sudah mendapat masukan dari Craig Christian," katanya menegaskan.

Pertarungan melawan Rocky Juarez ini merupakan pertarungan ulang karena pada pertemuan pertama di Toyota Center Texas berakhir dengan hasil imbang 114-114 dan Oscar de la Hoya dari Golden Boy Promotions siap mempertemukan kedua petinju dalam "rematch".

Toni menambahkan, sebelum naik ring melawan Juarez, petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, akan menerima gelar Super Champions dari WBA karena mampu mempertahankan gelarnya sebanyak 10 kali tanpa putus.

Sebenarnya, gelar tersebut diberikan saat Konvensi WBA di Cartegana, Kolombia, awal Mei 2009 tetapi akhirnya diubah dan utusan WBA yang akan datang ke Amerika Serikat.

Gelar ini seharusnya diterima Chris John usai bertarung melawan Hiroyuki Enoki di Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2008 karena saat itu sudah yang ke-10 kali mempertahankan gelarnya tetapi mundur.

Suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati itu berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak 11 kali setelah merebutnya dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon pada pertarungan ad-Interim di Bali, 2003.

Pertarungan terakhir atau ke-11 mempertahankan gelar saat menghadapi Rocky Juarez di Texas, 28 Febuari 2009. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009