Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menargetkan juara umum cabang pencak silat dalam SEA Games 2009 di Laos, pada Desember mendatang, guna mempertahankan supremasi juara umum yang telah dicapai di SEA Games 2007 di Thailand.

Bambang Rus Effendi, Manager Pelatnas Pencak Silat SEA Games dari Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), di Jakarta, Sabtu mengatakan, target medali emas yang akan dicapai adalah minimal lima emas, empat perak dan satu perunggu.

"Target tersebut optimistis tercapai berdasarkan perolehan medali SEA Games 2007 adalah lima emas dan tiga perak," katanya.

Ia mengatakan, Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games 2009 Laos dilakukan di Padepokan Pencak Silat Indonesia TMII Jakarta.

Atlet silat dilatih bergabung antara 12 atlet silat yang masuk dalam Program Atlet Andalan (PAL) dan delapan atlet silat Pelatnas SEA Games non PAL dengan tiga pelatih.

"Ada 20 atlet yang sedang di godok di pelatnas namun atlet-atlet tersebut akan diseleksi lagi dalam Seleksi Nasional (Seleknas) IPSI awal Juli 2009 untuk mendapatkan tim inti menghadapi SEA Games 2009 tersebut," katanya.

Sementara itu dari 20 atlet yang berlatih, di antaranya 12 atlet yang akan diterjunkan di SEA Games, kepastian nama-namanya serta sejumlah nomor yang akan dipertandingkan akan ditetapkan setelah Seleknas awal Juli 2009 itu.

Ia menyebutkan, perkembangan olah raga khususnya pencak silat kini cukup bagus karena setiap tahun banyak pertandingan pada tingkat daerah maupun nasional misalnya kejuaraan PPLP, POPNAS, POMNAS.

Selain itu juga Kejurda, Sirkuit Pencaksilat Nasional dari tingkat 5 wilayah sampai dengan grand final di Padepokan Pencak Silat Indonesia TMII Jakarta.

"Kini melalui PAL dari Menteri Pemuda dan Olahraga dan Pelatnas dari KON/KOI sudah berjalan dengan baik pada semua cabang olah raga. Melalui sejumlah ajang mengukir prestasi itu kita harapkan prestasi para atlet akan bertambah," katanya.  (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009