counter

Harlah Ke-108 Bung Karno Diperingati di Rengasdengklok

Karawang (ANTARA News) - Hari Lahir (Harlah) ke-108 Bung Karno diperingati di Lapang Tugu Proklamasi, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Sabtu (6/6).

"Capres (calon presiden) Megawati dan cawapres (calon wakil presiden) Prabowo Subianto dipastikan hadir pada acara tersebut," kata Ketua Panitia Lokal Harlah Bung Karno, Deden Darmansyah, di Karawang, Jabar, Jumat.

Ratusan ribu simpatisan kedua partai politik itu juga akan memadati lokasi peringatan Harlah Bung Karno tersebut, di antaranya simpatisan dari Kabupaten Subang, Purwakarta, Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, DKI Jakarta, dan Banten.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat Karawang, khususnya pengguna jalan dari Tanjungpura menuju Rengasdengklok, karena jalan itu akan dipadati sekira 20.000 kendaraan motor dan 10.000 mobil," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Adang Ruhiatna, mengatakan, Lapang Tugu Proklamasi Rengasdengklok dipilih sebagai lokasi memperingati Harlah ke-108 Bung Karno karena bernilai sejarah.

"Rengasdengklok sebagai tempat peringatan Harlah Proklamator tersebut, karena Rengasdengklok merupakan asal mula kemerdekaan RI. Tanpa Rengasdengklok, tidak akan ada peristiwa 17 Agustus," katanya.

Menurut dia, kedatangan Megawati ke Rengasdengklok tidak ada hubungannya dengan pencalonannya pada Pemilu Presiden (Pilpres) mendatang, karena kunjungannya nanti hanya memperingati Harlah Bung Karno.

"Kunjungan Megawati itu murni untuk memperingati Harlah Bung Karno. Diharapkan, masyarakat Indonesia mengenang jasa-jasa Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI di Rengasdengklok," katanya. (*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Puluhan lansia Kota Bandung napak tilas sejarah Bung Karno

Komentar