Makkah (ANTARA News) - Sekretariat Jenderal Rabithah Alam Islami memprakarsai konferensi internasional di Jenewa untuk menindaklanjuti inisiatif Raja Arab Saudi Abdullah Bin Abdul Aziz mengenai dialog lintas agama.

Kantor berita SPA melaporkan, konferensi yang misi utamanya untuk menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan itu dijadwalkan akan berlangsung dua hari pada 16-17 Juli mendatang.

Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami Abdullah Bin Abdul-Mohsin Al-Turk pada Sabtu (6/6) di Makkah mengatakan konferensi itu merupakan kelanjutan dari dua konferensi sebelumnya pada tahun silam yang diadakan di Makkah dan Madrid, Spanyol.

Ia mengemukakan bahwa para peserta konferensi akan mendiskusikan dampak dari inisiatif Raja Abdullah tersebut sebagai upaya menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan hakiki.

Para peneliti akan menyampaikan hasil penelitian mereka mencakup upaya memperkuat hubungan antar agama, dan mengenai peran organisasi-organisasi dan negara dalam penyebaran nilai-nilai kemanusiaan.

Para peneliti juga akan mempresentasikan hasil-hasil kajian mereka mengenai dialog antar peradaban, nilai-nilai keagamaan, dan peran mereka dalam mereformasi masyarakat, dan peran media dalam meningkatkan dialog dan hak asasi manusia, serta isu-isu terkait lainnya.

Rabithah Alam Islami merupakan organisasi dakwa Islam internasional yang bermarkas di Riyadh, Ara b Saudi.

Muhammad Natsir, mantan Perdana Menteri Indonesia di masa Presiden Soekarno, pernah menjadi presiden Rabithah Alam Islami. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009