Jakarta (ANTARA) - Alumni Akademi Angkatan Udara 1988 atau Bagaskara 88 memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis di sejumlah rumah sakit dalam menangani pasien COVID-19.

"Bagaskara 88 memberikan bantuan berupa 600 APD ke beberapa rumah sakit," kata Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Imran Baidirus didampingi oleh Koordinator Pelaksana Bakti Sosial Marsekal Pertama TNI A Joko Takarianto saat menyerahkan bantuan APD kepada RSUD Pasar Minggu yang diterima oleh dr Yudi Amiarno, di RSUD Pasar Minggu Jakarta, Rabu.

"Semoga bantuan yang kami berikan bermanfaat," kata Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Imran Baidirus saat menyerahkan bantuan itu.

Baca juga: "Icarus 89" sumbang 200 APD untuk RSAU Esnawan tangani COVID-19

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan bakti sosial Bagaskara 88 di wilayah DKI Jakarta dan Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai wujud kepedulian, partisipasi, dan semangat gotong royong dalam menanggulangi pandemi virus corona atau COVID-19 di Tanah Air.

Selain menyerahkan bantuan 600 APD ke sejumlah rumah sakit, Bagaskara 88 juga membagikan 300 paket sembako kepada 4 panti asuhan serta 5.000 nasi bungkus kepada masyarakat yang berdomisili di Jakarta dan Makassar yang terdampak COVID-19.

Di tempat terpisah, bantuan APD dan masker kepada tenaga medis di RSAU dr Esnawan Antariksa diserahkan oleh Kepala Dinas Material AU Marsma TNI Agustinus Prapto, tenaga medis RSAD Ridwan Taman Mini diserahkan oleh Aspers Kasau Marsda TNI I Nyoman Trisantoso, dan Satkes TNI diserahkan oleh Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi.

Baca juga: TNI AU bagikan sembako buat tenaga medis

Wilayah Makassar bantuan paket sembako diserahkan oleh Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Donny Ermawan T kepada Panti Asuhan Al Mukaromah dan masyarakat sekitar Makoopsau II sebanyak 100 paket.

Untuk Panti Asuhan Yusufiah diserahkan Marsma TNI Budi Prasetyo, sedangkan Panti Asuhan Nurul Ibad diserahkan Marsma TNI Empep dan Panti Asuhan Nurul Hikmah diserahkan Marsma TNI Syamsunasir.

Selanjutnya pada 23 April 2020 dan 24 April akan dibagikan 1.000 masker dan nasi bungkus selama bulan puasa kepada masyarakat di wilayah Halim Perdanakusuma, Kampung Melayu, dan Jatinegara yang diserahkan oleh Kolonel Lek Kotot Sutopo Aji dan beberapa Perwira serta ibu-ibu Srikandi Bagaskara 88.

Baca juga: TNI AU serahkan 10 ribu APD dan 4.000 masker untuk Kepri

"Mari bersama kita patuhi dan laksanakan imbauan pemerintah karena dengan persatuan dan kesatuan kita bisa lawan COVID-19," ujar Imran.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020