Kemampuan alat uji kami cukup canggih. Kami juga punya robotik, jadi bisa melakukan pemeriksaan dalam waktu empat jam dapat mengetahui hasilnya. Tidak perlu menunggu berhari-hari
Gorontalo (ANTARA) - DPRD Provinsi Gorontalo mendukung Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang akan melakukan uji swab COVID-19 melalui pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT PCR).

"Terima kasih atas kesiapan dari rekan-rekan BPOM Gorontalo, sehingga ke depan untuk pemeriksaan COVID-19 tidak perlu lagi dikirim keluar daerah, sekali lagi terima kasih," kata Ketua Komisi IV DPRD Gorontalo Laode Haimudin di Gorontalo, Rabu.

Laode saat turun bersama rombongan anggota Komisi IV melihat langsung kesiapan Laboratorium BPOM Gorontalo untuk pemeriksaan tes swab, termasuk kesiapan sumber daya manusia juga.

Baca juga: Pemprov Gorontalo tetap perketat akses masuk meski Menkes tolak PSBB

DPRD Provinsi Gorontalo akan terus memberikan dukungan penuh kepada BPOM dalam melakukan kegiatan itu, sehingga langkah pencegahan dan penanggulangan COVID-19 bisa terlaksana dengan baik, ujar dia. 

Sementara itu, Kepala BPOM Gorontalo Yudi Noviandi mengatakan sudah siap untuk menjadi tempat pemeriksaan COVID-19, karena ini bagian dari pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kami menjalankan amanah dari Kepala Badan POM untuk siap sedia sebagai pemeriksa COVID-19," katanya.

Baca juga: Menkes belum setujui PSBB Provinsi Gorontalo

BPOM Gorontalo sebagai laboratorium pemeriksaan COVID-19, diharapkan mampu mempercepat proses diagnosa para dokter terhadap orang-orang yang diduga reaktif dan positif virus yang berasal dari Kota Wuhan, China itu.

"Kemampuan alat uji kami cukup canggih. Kami juga punya robotik, jadi bisa melakukan pemeriksaan dalam waktu empat jam dapat mengetahui hasilnya. Tidak perlu menunggu berhari-hari," ujar dia.

Kapasitas sampel yang bisa diuji di laboratorium tersebut untuk sesi pagi dan siang masing-masing 50 sampel, sehingga rata-rata per hari 100 sampel.

Menurut dia, persiapan saat ini hampir selesai dan pihaknya sedang melakukan penataan ruangan, kebersihan, serta kesiapan reagent kit

Baca juga: Gubernur Gorontalo sebut pembagian sembako sebagai instruksi Presiden

Pewarta: Hence Paat
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2020