Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan seluruh jenis buah dan sayur di dalam lemari es, karena terdapat beberapa jenis buah yang justru tidak dapat disimpan di dalam lemari pendingin..

"Pisang, kalau disimpan di dalam kulkas nanti akan cepat layu, kemudian tomat, bisa tidak bagus kualitasnya, lebih baik ditaruh di luar dengan suhu ruang," kata Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda BPOM Ima Ananda dalam diskusi bertajuk "Keamanan Pangan untuk Konsumen Cerdas" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Selain tomat dan pisang, Ima menyebutkan mangga yang termasuk ke dalam buah tropis seperti pisang juga disarankan untuk tidak disimpan di dalam lemari es karena dapat mengurangi kualitasnya.

"Kentang juga, kalau disimpan di kulkas nanti akan lembab, cepat hijau, dan bisa tumbuh tunas. Kalau kentang sudah hijau artinya sudah tidak boleh dikonsumsi," tambahnya.

Adapun bahan pangan yang lain, Ima menyarankan untuk tidak menyimpan telur di dalam lemari es jika belum dibersihkan.

Baca juga: BPOM ingatkan masyarakat untuk waspada keamanan pangan saat Lebaran

Menurutnya, telur yang belum dibersihkan secara alami mengandung bakteri salmonella pada kulitnya, yang dapat mengontaminasi makanan yang lain di dalam lemari es.

Jika ingin menyimpan telur di dalam lemari es untuk alasan agar tahan lama, Ima mengimbau kepada masyarakat untuk membersihkan telur terlebih dahulu dengan menggunakan lap kering atau sedikit basah, karena bila dicuci dengan air, dapat menyebabkan telur menjadi cepat busuk.

Ia juga mengungkapkan makanan beku yang telah di-vakum bukan berarti boleh disimpan di suhu ruang.

"Dia tetap memerlukan suhu beku, karena apa? vakum itu menghilangkan udara. Memang beberapa bakteri tidak bisa tumbuh, tapi ada bakteri yang justru bisa tumbuh saat tidak ada oksigen," jelasnya.

Ia menekankan suhu optimal pertumbuhan bakteri berada pada 4-60 derajat Celsius. Untuk itu, ia menganjurkan agar tidak menstok makanan yang tidak dapat disimpan di dalam lemari es dalam jumlah yang banyak, agar tidak busuk dan segera mengonsumsinya saat kondisinya masih baik.

"Jangan lupakan prinsip FIFO atau First In First Out dan FEFO atau First Expired First Out dalam hal mengambil makanan dari kulkas," kata Ima.

Baca juga: BPOM DKI temukan takjil mengandung bahan berbahaya

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024